SOAL Mata Pelajaran PKn Pendidikan SMA Kelas / Program XI IPS ( SEBELAS IPS ) PAKET 2
1. Almond dan Verba mengklasifikasi budaya politik masyarakat dalam tiga macam yaitu ….A. Parokial, kaula, abangan D. Parokial, partisipan, priayi
B. Abangan, santri dan priayi E. Partisipasi, kaula, subjek
C. Parokial, subjek, partisipan
2. Tiga komponen orientasi pada objek politik yang saling menunjang pada diri individu terhadap sistem politik adalah …
A. Kognitif, input, output D. Evaluatif, normative, afektif
B. Afektif, psikomotor, evaluatif E. Output, input, feed back
C. Kognitif, afektif, evaluatif
3. Menurut Almond dan Verba, yang dimaksud komponen kognitif pada klasifikasi orientasi politik adalah …
A. Perasaan terhadap partai politik
B. Keputusan dan pendapat tentang objek-objek politik
C. Pengetahuan tentang partai politik
D. Peran pemerintah dalam system politik
E. Kepuasan terhadap system politik
4. Hak masyarakat terhadap sistem politik untuk menolak maupun menerima kebijakan politik merupakan pengertian dari …
A. Orientasi motorik C. Orientasi evaluatif E. Orientasi partisipatif
B. Orientasi afektif E. Orientasi kognitif
5. Secara sederhana, objek politik dapat di golongkan dalam empat objek yaitu…
A. Sistem sebagai objek umum, komponen kognitif, objek input, objek material
B. Objek input, objek out put, objek maya, dan pribadi sebagai objek
C. Objek struktur, objek imanen, objek perrmanen, objek organis
D. Objek kognitif, afektif, psikomotorik, evaluatif
E. Objek umum, objek input, objek out put dan pribadi sebagai objek
6. Adanya wujud budaya politik kaula disebabkan oleh faktor dibawah ini, kecuali …
A. Adanya kebebasan keturutsertaan masyarakat dalam politik
B. Adanya pengekangan hak politik
C. Karena tipikal pemimpin
D. Adanya kolonialisme yang berkepanjangan
E. Penyempitan ruang politik di masyarakat
7. Yang mencirikan budaya politik parokial yaitu, kecuali …
A. Belum adanya pembagian
B. Pemerintahan otoriter
C. Rendahnya pengetahuan
D. Masyarakat tidak peduli terhadap system politik
E. Masih memegang tradisi yang sangat kuat
8. Dibawah ini merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan budaya politik, kecuali …
A. Tingkat ekonomi C. Tingkat pendidikan E. Geografis
B. Tingkat usia D. Sistem pemerintahan demokratis
9. Hal positif yang dapat dilakukan seorang pelajar dalam membangun budaya politik partisipasi adalah …
A. Acuh tidak peduli
B. Aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah
C. Taat pada peraturan jika diawasi
D. Lebih hanya memikirkan mengenai hasil ulangan
E. Memprovokasi siswa lain untuk berbuat anarki
10. Pelaksanaan budaya politik Indonesia harus sesuai dengan …
A. Keinginan pemimpin bangsa
B. Tujuan yang hendak di capai
C. Keinginan setiap individu
D. Harus berpihak pada kepentingan dominant
E. Pancasila sebagai falsafah hidup Bangsa dan Negara
11. Proses penanaman (pembentukan) nilai-nilai politik dan menunjukkan bagaimana seharusnya masing-masing anggota masyarakat berpartisipasi dalam sistem politik merupakan pengertian tentang …
A. Manajemen politik C. Sosialisasi politik E. Budaya politik
B. Komunikasi politik D. Partisipasi politik
12. Salah satu dari dua hal yang merupakan makna dari proses sosialisasi politik yaitu …
A. Sosialisasi politik dapat berwujud pengajaran yang langsung maupun tidak langsung
B. Berjalan tidak terus menerus selama hidup seseorang
C. Hanya berlangsung secara formal tidak informal
D. Hanya dilakukan oleh para politikus
E. Diwujudkan hanya dalam kampanye politik
13. Sarana agen sosialisasi politik diantaranya adalah …
A. Arisan, kantor, sekolah, pasar
B. Sekolah, teman pergaulan, tempat beribadah
C. Lingkungan RT, kelurahan, kecamatan
D. Diskusi, seminar, symposium, paguyuban
E. Keluarga, sekolah, kelompok pergaulan, media massa
14. Contoh sosialisasi politik dilingkungan lembaga pendidikan sekolah adalah …
A. Penyampaian kebijakan pemerintah melalui penyuluhan
B. Penyampaian pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah
C. Penyampaian motivasi oleh kandidat capres
D. Penanaman disiplin melalui pemberlakuan poin pada pelajaran di sekolah
E. Pemberlakuan kurikulum dalam proses belajar mengajar
15. Keluarga merupakan salah satu agen sosialisasi politik dapat diwujudkan dengan cara …
A. Arisan paguyuban sedaerah
B. Perayaan ulang tahun
C. Diskusi antar anggota keluarga mengenai berita tentang politik yang disaksikan di televisi
D. Penerapan aturan yang tegas bagi anak
E. Sikap otoriter ayah sebagai kepala keluarga terhadap anak-anaknya
16. Contoh sosialisasi politik dilingkungan pergaulan yaitu …
A. Membincangkan mengenai fashion
B. Membincangkan mengani gosip
C. Berdiskusi mengenai langkah dalam mengajukan proyek usaha
D. Berdiskusi mengenai tipikal ideal calon kepala daerah serta visi misi politiknya
E. Membincangkan mengenai kontestan kompetisi mamamia yang disiarkan di stasiun TV
17. Pendidikan politik harus ditanamkan sejak usia …
A. Dewasa C. Sekolah E. Dini
B. Remaja D. Tua
18. Sosialisasi politik hakikatnya terlaksana dalam waktu …
A. Sepanjang kehidupan manusia normal
B. Terhenti saat usia remaja
C. Dimulai pada saat telah mapan
D. Dijalankan hanya pada masa sekolah
E. Setelah seseorang aktif dalam partai politik
19. Proses penyampaian pesan berupa input politik dari komunikator kepada komunikan merupakan pengertian dari …
A. Dinamika politik C. Budaya politik E. Kesepakatan Politik
B. Komunikasi politik D. Sosialisasi politik
20. Dibawah ini adalah unsur-unsur komunikasi kecuali …
A. Komunikator C. Komunikasi E. Media
B. Teman pergaulan D. Pesan
21. Fungsi komunikasi politik antara lain sebagai berikut, kecuali …
A. Sebagai penghubung antara pemerintah dan rakyat
B. Sebagai sosialisasi politik pada masyarakat
C. Sebagai kontrol sosial politik
D. Sebagai bagian upaya diktaktorisme
E. Sebagai sarana input politik
22. Sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut, menggunakan dan mempertahankan kekuasaan pemerintahan serta merebut dukungan rakyat merupakan pengertian dari …
A. Sistem politik C. Kebudayaan politik E. Komunikasi politik
B. Partai politik D. Ideologi politik
23. Di bawah ini merupakan fungsi partai politik kecuali …
A. Sarana komunikasi D. Sarana pereda konflik
B. Sarana sosialisasi politik E. Sarana menghidup keluarga
C. Sarana rekruitmen
24. Pendidikan politik yang baik secara ideal bagi kader partai politik maupun masyarakat luas bertujuan untuk …
A. Meningkatkan budaya politik yang sadar akan hak dan kewajibannya
B. Memperoleh masa sebanyak-banyaknya dalam mendukung perolehan suara dalam pemilu
C. Menyediakan formulir kepada masyarakat agar menjadi anggota partai politik
D. Meningkatkan kesadaran akan hak sebagai anggota masyarakat
E. Meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh budaya-budaya asing
25. Sikap orientasi yang khas dari warga negara terhadap system politik merupakan pengertian dari …
A. Sosialisasi politik C. Manajemen politik E. Sistem politik
B. Komunikasi politik D. Budaya politik
26. Indonesia menganut sistem demokrasi ,hal itu tercantum Dalam UUD 1945 ….
A. Pasal 1 Ayat 1 D. Pasal 2 Ayat 2
B. Pasal 1 Ayat 2 E. Pasal 2 Ayat 3
C. Pasal 2 Ayat 1
27. Pada zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 4 sudah dikenal suatu pemerintahan yang menerapkan prinsip demokrasi yaitu….
A. demokrasi langsung D. demokrasi ortodok
B. demokrasi perwakilan E. demokrasi liberal
C. demokrasi tidak langsung
28. Demokrasi barat berkembang di Negara-negara kapitalis, karena itu demokrasi barat disebut juga….
A. demokrasi klasik D. demokrasi liberal
B. demokrasi modern E. demokrasi borjuis
C. demokrasi ekonomi
29. Pemilhan Umum merupakan salah satu ciri….
A. pemerintahan yang liberalis
B. pemerintahan yang demokratis
C. pemerintahan yang berpahamkan sosialis
D. sistem pemerintahan presidential
E. sistem pemerintahan parlementer
30. Masyarakat yang memililiki keteraturan hidup dalam suasana perikehidupan yang mandiri ,berkeadilan sosial dan sejahtera adalah pengertian dari….
A. masyarakat kota D. masyarakat industri
B. masyarakat desa E. masyarakat modern
C. masyarakat madani
31. Negara Indonesia adalah Negara demokrasi artinya….
A. Presiden sebagai kepala pemerintahan
B. MPR sebagai lembaga Negara
C. Kedaulatan ada ditangan rakyat
D. DPR sebagai lembaga pembuat undang-undang
E. Mahkamah Agung sebagai lembaga yudikatif
32. Alasan utama demokrasi tidak langsung dilakukan dalam hal pembuatan kebijakan negara ( UUD ,UU dsb ) adalah ….
A. semakin banyaknya partai politik
B. banyaknya calon yang dipilih dalam pemilu
C. semakin luasnya wilayah atau daerah pemilihan
D. jumlah penduduk yang terlalu banyak
E. menjalin hubungan yang baik antara pemilih dengan caleg
33. Berdasarkan penyaluran aspirasi rakyatnya dalam hal pembuatan kebijakan Negara demokrasi dibagi menjadi….
A. demokrasi kuno dan demokrasi modern
B. demokrasi tidak langsung dan demokrasi perwakilan
C. demokrasi monokameral dan demokrasi bikameral
D. demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung
E. demokrasi formal dan demokrasi material
34. Demokrasi liberal yang pernah dilakukan di Indonesia ternyata tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila karena….
A. tata kehidupan liberal yang semakin berkembang
B. munculnya berbagai partai politik
C. MPR dan DPR hasil pemilu tidak terbentuk
D. partai politik lebih mengutamakan kepentingannya
E. kehidupan politik tidak berkenbang
35. Selama masa orde baru berkuasa ( 1966-1998 ) dampak positip adalah sarana fisik yang dibangun, sedangkan dampak negativenya , antara lain berikut ini, kecuali….
A. maraknya korupsi,kolusi, dan nepotisme ( KKN )
B. mengabaikan persoalan hak asasi manusia ( HAM )
C. mandegnya pelaksanaan demokrasi
D. hukum digunakan sebagai alat kekuasaan
E. menyelenggarakan penataran
36. Ciri khas demokrasi pancasila dalam membuat suatu keputusan adalah….
A. menggunakan akal sehat
B. keseimbangan hak dan kewajiban
C. keseimbangan kepentingan individu dan nasyarakat
D. menggunakan keputusan suara terbanyak
E. musyawarah-mufakat
37. Yang dimaksud pemilihan umum adalah ….
A. pemilihan presiden dan wakil presiden
B. pemilihan gubernur dan wakil gubernur
C. pemilihan anggota DPR dan DPD
D. pemilihan bupati/walikota dan wakilnya
E. pemilihan kepala desa
38. Landasan idiil demokrasi pancasila adalah….pancasila
A. Sila pertama
B. Sila ke dua
C. Sila ke tiga
D. Sila ke empat
E. Sila ke lima
39. Secara umum masyarakat madani adalah suatu corak kehidupan masyarakat yang teroganisasi, yang mempunyai sifat sebagai berikut, kecuali….
A. toleran D. ekslusif
B. mandiri E. sadar hukum
C. ikhlas
40. Latar belakang munculnya gagasan menciptakan masyarakat madani adalah….
A. melawan kekuasaan negara yang sah
B. mengembangkan kebebasan ekonomi
C. menciptakan gejolak politik
D. membatasi kebebasan masyarakat dengan ketat
E. mencegah kesewenangan dominasi kekuasaan
41. Pengakuan partisipasi rakyat dalam pemerintahan dan pengakuan terhadap hak asasi manusia merupakan ….
A. dasar hukum demokrasi
B. asas utama demokrasi
C. pengertian demokrasi
D. prinsip demokrasi pancasila
E. bentuk ( macam ) demokrasi
42. Demokrasi liberal tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila dikarenakan….
A. terlalu menuntut hak
B. lebih mengutamakan kewajiban
C. memadukan kebebasan dengan kewajiban
D. mengutamakan kebebasan individual
E. mengekang kebebasan masyarakat
43. Perhatikan faftor berikut ini
1. konfigurasi sub-kultur yang sama
2. budaya luar
3. feodalisme
4. ikatan primordial
5. cenderung paternalistik
berdasarkan faktor di atas ,yang termasuk faktor yang mempengaruhi berkembangnya budaya politik di Indonesia adalah….
A. 1,2,3 D. 2,3,4
B. 1,2,4 E. 3,4,5
C. 1,3,5
44. Demokrasi yang dilaksanakan di Negara RRC, Rusia, Korea Utara, Vietnam dan Kuba
adalah….
A. Demokrasi Liberal D. Demokrasi Islam
B. Demokrasi Komunis E. Demokrasi Barat
C. Demokrasi Pancasila
45. Demokrasi yang digunakan Negara Indonesia sekarang adalah….
A. Demokrasi Terpimpin
B. Demokrasi Pancasila
C. Demokrasi Liberal
D. Demokrasi Komunis
E. Demokrasi Islam
46. Perhatiakan pernyataan berikut
1. pemerintahan berdasarkan konstitusi
2. pemilu yang demokratis
3. pengawasan militer terhadap sipil
4. melindungi hak-hak mayoritas
Berdasarkan pernyataan diatas yang termasuk prinsip demokrasi secara umum adalah
A. 1,2 D. 2,4
B. 1,3 E. 3,4
C. 2,3
47 Demonstrasi, mogok, huru-hara ( kekacauan ), kekerasan merupakan bentuk partisipasi politik ….
A. konvensional D. non konvensional
B. modern E. transisi
C. tradisional
48. Pada masyarakat pedesaan yang masih sangat sederhana tingkat partisipasi politiknya cenderung….
A. sedang D. tinggi
B. cukup E. aktif
C. rendah
49. Demokrasi yang didasarkan pada sila ke empat pancasila tetapi keputusan ada ditangan pemimpin disebut ….
A. demokrasi pancasila D. demokrasi liberal
B. demokrasi rakyat E. demokrasi timur
C. demokrasi terpimpin
50. Upaya dan usaha sadar dalam mengajarkan nilai-nilai politik dari seseorang kepada orang lain dalam
suatu lembaga ,institusi dan organiasasi secara terencana dan teratur disebut….
A. sosialisasi politik D. partisipasi pilitik
B. komunikasi politik E. budaya politik
C. pendidikan politik
SOAL Mata Pelajaran PKn Pendidikan SMA Kelas 2 / Program IPS ( SEBELAS IPS ) PAKET 6
1. Tokoh yang berpendapat bahwa hubungan internasional adalah studi tentang keadaan¬ keadaan relevan yang mengelilingi interaksi, adalah ....
a. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja
b. Charles A. Mc. Clelland
c. Warsito Sunaryo
d. Trygve Nathiessen
e. G. Schwarzenberger
2. Hal yang dilarang dalam melakukan kerja sama internasional, adalah ....
a. Kooperatif d. Representasi
b. Negosiasi e. Nonintervensi
c. Intervensi
3. Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan antarbangsa yang bertujuan untuk menciptakan akibat akibat hukum tertentu. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
a. Oppenheimer d. Mochtar Kusurnaatmaja
b. Lauterpacht e. Konferensi Wina 1969
c. G. Scharzenberger
4 Tahap terakhir dalam pembuatan perjanjian internasional adalah ....
a. persiapan d. negotiation
b. pemantauan e. signature
c. ratification
5. Kekuasaan presiden untuk mengangkat dan menerima duta dari negara lain adalah dalam kedudukannya sebagai ....
a. kepala negara
b. kepala pemerintahan
c. wakil negara
d. penguasa tertinggi negara
e. kepala pemerintahan dan kepala negara
6. Hak untuk memberi kesempatan kepada suatu. negara dalam melindungi warga negara asing yang melarikan diri adalah ....
a. hak imunitas d. egality rights
b. hak asylum e. pacta sunt servanda
c. persona non grata
7. Hubungan RI Negara lain dalam arti non politis diwakili oleh ....
a. ambassador d. korps diplomatik
b. gerzant e. menteri residen
c. korps konsuler
8. Di bawah ini yang bukan termasuk salah satu komponen yang harus ada dalam hubungan internasional adalah ....
a. polifik internasional (internationalpolitics)
b. studi tentang peristiwa internasional (the study of foreign affair)
c. hokum intemasional (international law)
d. organisasi administrasi internasional (international organization of administration)
e. Perserikatan Bangsa Bangsa
9. Bentuk dari hubungan internasional dapat berupa hubungan individual seperti....
a. hubungan antar lembaga keagamaan d. mahasiswa yang belajar di negara lain
b. kerja sama ekonomi antar negara e. hubungan antar lembaga sosial
c. kerja sama politik antar negara
10. Perjanjian internasional menurut Prof Mochtar Kusumaatmadja adalah ....
a. suatu persetujuan antar negara yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi masing masing
negara
b. perjanjian antarsubjek hukum internasional dan melahirkan kewajiban yang mengikat
c. perjanjian yang diadakan antar bangsa yang bertujuan untuk menciptakan akibat akibat
hukum tertentu
d. perjanjian yang diadakan oleh dua negara atau lebih yang bertujuan untuk mengadakan
akibat akibat hukum tertentu
e. perjanjian internasional, baik yang bersifat umum matipun bersifat khusus, yang mengikat
negara yang menandatangani
11. Penggunaan berbagai macam istilah untuk perjanjian internasional sesungguhnya menunjukkan
a. keragaman isi perjanjian
b. tingkat pentingnya perjanjian
c. tidak ada perbedaan
d. bentukyangmeragukannegara negara
e. perbedaan yang perlu ditegaskan
12. Tahap tahap dalam perjanjian internasional adalah ….
a. negosiasi, penandatanganan, dan ratifikasi d. negosiasi, ratifikasi, dan realisasi
b. pertukaran nota, persetujuan, dan ratifikasi e. proses verbal, persetujuan, dan ratifikasi
c. negosiasi, persetujuan, dan ratifikasi
13. Tujuan penafsiran perjanjian internasional dan beberapa ketentuannya adalah untuk ….
a. dilaksanakan oleh negara anggota d. mempunyai gaya guna yang baik
b. memudahkannegaraanggotamembaca e. diwariskan kepada generasi lain
c. dimengerti oleh para pelaksana
14. Berdasarkan pasal 11 UUD 1945, perjanjian dengan negara lain merupakan kekuasaan dari
a. DPR sebagai lembaga legislatif
b. presiden sebagai mandataris MPR
c. presiden sebagai kepala pemerintahan
d. presiden sebagai kepala negara
e. menteri luar negeri sebagai pernbantu presiden
15. Salah satu bentuk perjanjian internasional adalah traktat yaitu
a. peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang isinya mengikat
b. kebiasaan yang ada dalam masyarakat yang melembaga dan ditaati
c. keputusan hakim terdahulu yang diikuti oleh hakim kemudian
d. perjanjian yang mengikat bagi setiap negara yang menandatanganinya
e. perjanjian yang diadakan antara dua negara atau lebih
16. Pada era globalisasi, hubungan antarbangsa makin erat karena pada era ini ....
a. kemajuan teknologi informasi dan komunikasi makin pesat
b. pertambahan penduduk dunia semakin pesat
c. tumbuhnya organisasi antar bangsa, baik yang bersifat regional maupun internasional
d. makin meningkatnya sumber daya manusia, di negara negara berkembang
e. tumbuhnya perasaan senasib sepenanggungan bangsa bangsa di dunia
17. Faktor yang tidak mendorong terjadinya hubungan antarbangsa yaitu ....
a. ketergantungan antar negara makin tinggi
b. ketergantungan antar negara makin tinggi serta hubungan makin erat
c. timbulnya masalah masalah global yang tidak mungkin dipecahkan oleh satu negara
d. kemajuan teknologi dan komunikasi menyebabkan dunia seolah menjadi sempit
e. ambisi negara maju untuk menanamkan pengaruhnya di dunia internasional
18. Agar tetap kokoh dan tidak mudah terombang ambing serta menjadi subjek dan bukan menjadi
objek dalam percaturan internasional, bangsa Indonesia menetapkan ....
a. politik luar negeri bebas aktif
b. politik damai
c. menjadi anggota PBB
d. menentang segala bentuk penjajahan
e. ikut secara aktif menciptakan perdamaian dunia
19. Menurut Restra (Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI), hubungan intemasional dirumuskan sebagai ....
a. hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut
b. studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi
c. studi tentang interaksi antara jenis kesatuan kesatuan sosial tertentu
d. studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi
e. hubungan antar bangsa dan kelompok kelompok bangsa dalam masyarakat internasional
20. Seorang ahli ketatanegaraan Charles A. Mc. Clelland mendefinisikan hubungan internasional
sebagai ....
a. hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai
kepentingan nasional Negara tersebut
b. studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi
c. studi tentang interaksi antara jenis kesatuan kesatuan sosial tertentu
d. studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi
e. hubungan antar bangsa dan kelompok kelompok bangsa dalam masyarakat intemasional
21. Hubungan antarbangsa mutlak dilakukan oleh negara manapun di dunia karena ....
a. setiap negara mempunyai kepentingan sendiri sendiri
b. tujuan setiap negara berbeda beda
c. pada zaman modern ini mustahil suatu bangsa mampu mencukupi semua kebutuhannya tanpa
bantuan dari negara lain
d. adanya kerja sama ekonomi dan perdagangan
e. meningkatnya kebutuhan setiap bangsa, sejalan dengan kemajuan teknologi
22. Menelaah dengan teliti setiap kejadian atau peristiwa di negara penerima yang mungkin dapat
memengaruhi kepentingan negaranya biasa disebut dengan istilah ....
a. representasi d. proteksi
b. negosiasi e. persahabatan
c. observasi
23. Di bawah ini yang bukan salah satu fungsi perwakilan diplomatik adalah ....
a. mewakili negara pengirim di dalam negara penerima
b. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima dalam
batas batas yang diizinkan oleh hukum internasional
c. mengadakan persetujuan dengan pemerintah negara penerima
d. memelihara hubungan persahabatan antark edua negara
e. mengadakan perjanjian internasional
24. Tingkat perwakilan diplomatik di mana yang bersangkutan dianggap bukan wakil pribadi kepala negara dan tidak mempunyai hak mengadakan pertemuan dengan kepala negara di mana ia bertugas disebut
a. duta besar
b. duta
c. kuasa usaha
d. menteri residen
e. atase atase
25. Faktor kekhawatiran terancam kelangsungan hidup suatu negara, baik melalui kudeta maupun
intervensi dari negara lain, mendorong timbulnya hubungan internasional dalam bidang ....
a. ekonomi d. sosial
b. pertahanan e. budaya
c. politik
26. Dorongan mengadakan hubungan internasional akibat ketentuan hukum alam bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain merupakan faktor ....
a. internal d. ekonomi
b. eksternal e. politik
c. internal dan eksternal
27. Kesepakatan antara kedua belah pihak yang mau mengadakan pertukaran diplomatik atau konsuler dituangkan dalam .
a. traktat d. konvensi
b. joint agreement e. deklarasi
c. resiprositas
28. Tugas perwakilan diplomatik adalah mewakili pemerintah negaranya. Selain itu, perwakilan diplomatik juga dapat melakukan protes dan mengadakan penyelidikan pertanyaan dengan pemerintah negara penerima. Tugas ini biasa disebut dengan ....
a. representasi d. proteksi
b. negosiasi e. persahabatan
c. observasi
29. Bagi bangsa Indonesia, hubungan internasional sangatlah penting sepanjang....
a. mendukung terwujudnya tujuan nasional seperti tersurat dalam Pembukaan UUD 1945
b. menguntungkan pengusaha Indonesia
c. memperlancar pembangunan sarana prasarana
d. mernudahkan untuk mendapatkan pinjaman luar negeri
e. meningkatkan prestise bangsa Indonesia di mata internasional
30. Hubungan internasional atau hubungan antarbangsa dapat berupa hubungan antara ....
a. orang perorang
b. kelompok orang
c. negara
d. orang perorangan atau antar kelompok
e. orang perorang, kelompok atau antar negara
31. Neokolonialisme tidak berupaya menguasai kehidupan negara lain dalam bidang ....
a. ekonomi
b. kebudayaan
c. pertahanan
d. politik
e. keamanan
32. Orgagisasi negara negara Asia Pasifik(APEC) didirikan dengan tujuan untuk ....
a. mewujudkan kawasan perdagangan bebas yang meliputi negara negara Asia Pasifik
b. bersama sama membentuk suatu tatanan ekonomi dunia baru
c. membantu memperbaiki perekonomian negara negara berkembang
d. saling membantu untuk memajukan perekonomian negara negara dikawasan, Asia Pasifik
e. sebagai upaya menghidupkan kembali dialog Utara Selatan
33. Badan Perserikatan Bangsa Bangsa yang mempunyai lima negara anggota tetap adalah ....
a. Dewan Perwalian
b. Dewan Keamanan
c. Dewan Ekonomi dan Sosial
d. Mahkamah Pengadilan Internasional
e. Majelis Umum
34. Lembaga internasional milik PBB yang khusus menangani masalah pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan adalah ....
a. UNESCO b. UNICEF c. UNTAE d. ECOSOC e. ILO
35. Lembaga pembuat keputusan tertinggi dalam ASEAN adalah ....
a. sidang para menteri nonekonomi d. pertemuan para kepala negara
b. sidang para menteri ekonomi e. standing committe
c. sidang tahunan para menteri luar negeri
36. Lembaga yang bertanggung jawab untuk merumuskan garis kebijakan dan koordinasi kegiatan¬ kegiatan,ASEAN adalah ....
a. pertemuan para kepala pemerintahan
b. standing committe
c. sidang para menteri ekonomi
d. sidang para menteri nonekonomi
e. sidang tahunar para menteri luar negeri
37. Organisasi Negara-negara Eropa Barat atau biasa disebut dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dibentuk berdasarkan....
a. Perjanjian Paris d. Pejanjian Genewa
b. Perjanjian Roma e. Perjanjian New York
c. Perjanjian London
38. Yang menjadi latar belakang, dibentuknya Organisasi Konferensi Islam adalah ....
a. mengantisipasi makin renggangnya negara negara Islam
b. karena adanya campur tangan negara negara besar dalam masalah regional negara¬ negara Arab
c. untuk membantu memperjuangkan terbentuknya Negara Palestina
d. terdengar isu bahvva Masjidil Aqso akan dibakar oleh orang Yahudi
e. menyatukan kekuatan negara negara Islam
39. Organisasi Konferensf Islam adalah organisasi Negara-negara Islam atau negara negara yang penduduknya sebagian besar beragama Islam digagas oleh ....
a. Raja Hussein dari Yordania
b. Raja Fahd dari Arab
c. Imam Khomeini dari Iran
d. Kolonel Kadafi dari Libia
e. Saddam Husein dari Irak
40. Persetujuan antara subjek sublek hukum internasional yang menimbulkan kewajiban yang
mengikat dalam hukum internasional disebut ...
a. hubungan internasional
b. hukum internasional
c. perjanjian internasional
d. perundingan internasional
e. musyawarah internasional
41. Perbedaan antara perjanjian bilateral dengan multilateral terletak dalam hal ...
a. cara berlakunya d. strukturnya
b. jumlah pesertanya e. sifat instrumennya
c. objeknya
42. Perjanjian internasional disebut bersifat self executing jika dapat berlaku ....
a. sebelum diratifikasi oleh negara. peserta
b. sesudah diratifikasi oleh peserta
c. sesudah diterima naskah perjanjian
d. sesudah ditandatangani oleh peserta perjanjian
e. sesudah dilakukan perubahan UU di negara peserta perjanjian
43. Pengesahan perjanjian intemasional oleh negara penandatangan perjanjian menurut ketentuan
konstitusi negara yang bersangkutan disebut ....
a. perundingan perjanjian internasional
b. penandatanganan penjanjian internasional
c. ratifikasi perjanjian internasional
d. persetujuan perjaniian internasional
e. penerimaan perjanjian internasional
44. Sifat polifik luar negeri yang bebas aktif selain untuk mengabdi kepada kepentingan nasional
juga untuk ....
a. mewujudkan amanat penderitaan rakyat
b. membantu negara negara sahabat
c. mewujudkan tata dunia baru yang damai
d. membentuk ekonomi baru yang kooperatif
e. menjalin kerja sama yang menguntungkan
45. Dalam mewujudkan tujuan politik luar negeri yang bebas dan aktif, sikap yang tidak perlu kita dukung adalah
a. memantapkan peranan Indonesia dalam ASEAN
b. menyokong uji coba nuklir di dasar laut
c. mendukung netralitas ASEAN dan Samudra Indonesia
d. memperkokoh kerja sama negara negara non Blok
e. tetap mengirimkan pasukan perdamaian di bawah PBB
46. Departemen Luar Negeri mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan sebagian tugas umum
pemerintah dan pembangunan, terutama di bidang
a. politik dan sosial ekonomi
b. politik dan hubungan luar negeri
c. ekonomi, perdagangan, dan politik
d. ekonomi, dan hubungan luar negeri
e. perdagangan, politik danhubungan luar negeri
47. Dalam melaksanakan tugasnya, korps diplomatik maupun konsuler harus sejalan dengan
a. tata hukum Indonesia d. kepentingan nasional
b. kepentingan umum e. hukum internasional
c. kepentingan internasional
48. Politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dapat disimpulkan dari ....
a. cita cita. nasional d. bunyi pasal 13 UUD 1945
b. kepentingan nasional e. bunyi pasal 15 UUD 1945
c. tujuan nasional
49. Untuk menyukseskan politik luar negeri Indonesia, maka langkah yang diambil adalah melakukan ....
a. intervensi d. isolasi diri
b. diplomasi e. perjanjian internasional
c. perang
50. Dengan politik luar negeri yang bebas dan aktif, Indonesia mendudukkan diri sebagai ....
a. objek dalam hukum internasional
b. subjek dalam hukum internasional
c. penegak dalam hukum internasional
d. penengah dalam hukum internasional
e. promoter dalam hokum internasional
SOAL Mata Pelajaran PKn Pendidikan SMA Kelas 2 / Program IPS ( SEBELAS IPS ) PAKET 5
1. Makna keterbukaan dalam kehidupan bermasyarakat adalah ….
A. memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara
B. menerima dan menyampaikan informasi dan pembaruan
C. percaya dan yakin terhadap fungsi dan peranan pemerintah
D. mempertahankan apa yang menjadi pendapat serta keyakinan sendiri
E. setiap warga Negara diharapkan untuk memberikan partisipasinya
2. Pejabat negara yang senantiasa melakukan turba (turun ke bawah) untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikan sosialisasi program-programnya merupakan contoh pejabat yang melaksanakan asas….
A. kepastian hukum D. profesionalitas
B. kepentingan hukum E. proporsionalitas
C. keterbukaan
3. Yang termasuk perbuatan adil sesuai dengan UUD 1945 adalah ….
A. setiap orang berhak menuntut haknya
B. setiap orang berhak mendapatkan bagian sesuai dengan kebutuhannya
C. setiap orang berhak mendapatkan bagian sesuai dengan kedudukannya
D. setiap orang berhak menerima bagian sesuai dengan prestasinya
E. setiap orang berhak menerima bagian yang sama
4. Akibat dari penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan adalah sebagai berikut kecuali….
A. dapat memperkokoh posisi penyelenggara pemerintahan
B. kepercayaan dunia luar berkurang terhadap negara
C. sukar diharapkan partisipasi masyarakat untuk negara
D. selalu menimbulkan kecurigaan terhadap orang lain walaupun itu benar
E. terjadinya kesewenang-wenangan oleh penguasa
5. Upaya yang harus siswa lakukan demi terjadinya keadilan dalam kehidupan masyarakat adalah ….
A. menghindarkan diri dari perbuatan melanggar hukum
B. memberikan sebagian harta kepada yang memerlukan
C. ikut serta dalam kelompok pecinta keadilan
D. menghukum koruptor yang menghabiskan uang rakyat
E. memberi dukungan terhadap para penegak hukum
6. Hal yang terjadi apabila pemerintahan tidak menyelenggarakan pemerintahan yang transparan adalah ….
A. rakyat menjadi gelisah sepanjang waktu
B. pemerintahan akan diserang oleh rakyat
C. para menteri akan saling mencurigai
D. pemerintahan tidak bekerja sama dengan negara lain
E. pemerintah lambat laun akan jatuh
7. Keterbukaan penyelenggaraan bernegara adalah salah satu ciri dari ….
A. pemerintahan liberal
B. pemerintahan demokrasi
C. pemerintahan bebas
D. pemerintahan yang baik hati
E. pemerintahan yang transparan
8. Para penyelenggara negara dalam bertindak harus tetap berlandaskan pada perarturan perundang-undangan, kepatuhan, dan keadilan dalam setiap kebijakan. Hal ini berarti penyelenggaraan negara berdasarkan atas asas….
A. kepastian hukum D. profesionalitas
B. kepentingan umum E. proporsionalitas
C. keterbukaan
9. Contoh keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dam bernegara antara lain ….
A. melaksanakan pemilu dengan aman dan tertib
B. menghitungkan hasil suara pemilu di hadapan umum
C. menjadikan pemilu sebagai pesta rakyat
D. memberi petunjuk tentang cara-cara pemilu
E. melaksanakan pemilu berdasarkan pada undang-undang
10. Menurut UUD 1945 Pasal 27 Ayat (2), kita sebagai warga Negara mempunyai hak untuk …
A. memperoleh pekarjaan yang sama
B. memperoleh pekerjaan yang layak dan memadai
C. memperoleh materi yang benar dan cukup banyak
D. memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
E. memperoleh jaminan sosial yang sama di bidang pekerjaan
11 . Penyelenggara negara harus dapat mendahulukan kesejahteraan dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif. Hal ini berarti penyelenggaraan negara berdasarkan atas asas….
A. kepastian hukum
B. tertib penyelenggaraan negara
C. kepentingan umum
D. keterbukaan proporsionalitas
E. keterbukaan
12. Orang yang bersifat terbuka memiliki beberapa cirri, antara lain ….
A. banyak berpendapat
B. bebas bicara
C. berbicara kepada siapapun
D. menghargai pendapat orang lain
E. membenarkan pendapat sendiri
13. Keterbukaan yang diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ada pembatasnya berupa nilai. Hal ini memiliki makna….
A. bebas menerima segala macam nilai yang datang dari luar
B. kebebasan berunjuk rasa dalam menyampaikan aspirasi
C. menerima jika sesuai dengan kepribadian bangsa
D. tidak mau menerima segala sesuatu yang datang dari luar
E. segala sesuatu yang datang dari luar perlu kita terima
14. Keadilan distributif menurut Aristoteles adalah ….
A. berhubungan dengan persamaan hak dan kewajiban
B. berdasarkan kemampuan alam sekitar dan lingkungan
C. keadilan berdasarkan kekuasaan dan wewenang penguasa
D. berdasar kepada aturan hukum yang berlaku
E. berhubungan dengan distribusi jasa sesuai kerjanya
15. Konsep keadilan yang tercantum dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945 mempunyai makna ….
A. kemerdekaan itu untuk mewujudkan keadilan
B. bangsa Indonesia menghendaki kehidupan yang menjunjung tinggi keadilan
C. tujuan negara Indonesia mengandung nilai keadilan
D. perjuangan lahir karena adanya keadilan
E. keadilan perlu diperjuangkan oleh setiap bangsa
16. Almond dan Verba mengklasifikasi budaya politik masyarakat dalam tiga macam yaitu ….
A. partisipasi, kaula, subjek D. parokial, partisipan, priayi
B. abangan, santri dan priayi E. parokial, kaula, abangan
C. parokial, subjek, partisipan
17. Tiga komponen orientasi pada objek politik yang saling menunjang pada diri individu terhadap sistem politik adalah ….
A. output, input, feed back D. evaluatif, normatif, afektif
B. Afektif, psikomotor, evaluatif E. kognitif, input, output
C. kognitif, afektif, evaluatif
18. Secara sederhana, objek politik dapat di golongkan dalam empat objek yaitu….
A. objek umum, objek input, objek out put dan pribadi sebagai objek
B. objek input, objek out put, objek maya, dan pribadi sebagai objek
C. objek struktur, objek imanen, objek permanen, objek organis
D. objek kognitif, afektif, psikomotorik, evaluatif
E. sistem sebagai objek umum, komponen kognitif, objek input, objek material
19. Yang mencirikan budaya politik parokial yaitu, kecuali ….
A. masih memegang tradisi yang sangat kuat
B. pemerintahan demokratis
C. rendahnya pengetahuan
D. masyarakat tidak peduli terhadap system politik
E. Bbelum adanya pembagian
20. Dibawah ini merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan budaya politik, kecuali ….
A. geografis C. tingkat pendidikan E. tingkat ekonomi
B. tingkat usia D. sistem pemerintahan demokratis
21. Hal positif yang dapat dilakukan seorang pelajar dalam membangun budaya politik partisipasi adalah ….
A. memprovokasi siswa lain untuk berbuat anarki
B. aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah
C. taat pada peraturan jika diawasi
D. lebih hanya memikirkan mengenai hasil ulangan
E. acuh tidak peduli
22. Pelaksanaan budaya politik Indonesia harus sesuai dengan ….
A. pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan negara
B. tujuan yang hendak di capai
C. keinginan setiap individu
D. harus berpihak pada kepentingan dominant
E. keinginan pemimpin bangsa
23. Proses penanaman (pembentukan) nilai-nilai politik dan menunjukkan bagaimana seharusnya masing-masing anggota masyarakat berpartisipasi dalam system politik merupakan pengertian tentang …’
A. budaya politik C. sosialisasi politik E. manajemen politik
B. komunikasi politik D. partisipasi politik
24. Salah satu dari dua hal yang merupakan makna dari proses sosialisasi politik yaitu ….
A. diwujudkan hanya dalam kampanye politik
B. berjalan tidak terus menerus selama hidup seseorang
C. hanya berlangsung secara formal tetapi tidak informal
D. hanya dilakukan oleh para politikus
E. sosialisasi politik dapat langsung maupun tidak langsung
25. Sarana agen sosialisasi politik diantaranya adalah ….
A. keluarga, sekolah, kelompok pergaulan, media massa
B. sekolah, teman pergaulan, tempat beribadah
C. lingkungan RT, kelurahan, kecamatan
D. diskusi, seminar, symposium, paguyuban
E. Arisan, kantor, sekolah, pasar
26. Sosialisasi politik hakikatnya terlaksana dalam waktu ….
A. setelah seseorang aktif dalam partai politik
B. terhenti saat usia remaja
C. dimulai pada saat telah mapan
D. dijalankan hanya pada masa sekolah
E. sepanjang kehidupan manusia normal
27. Proses penyampaian pesan berupa input politik dari komunikator kepada komunikan merupakan pengertian dari …
A. kesepakatan Politik C. budaya politik E. dinamika politik
B. komunikasi politik D. sosialisasi politik
28. Dibawah ini adalah unsur-unsur komunikasi kecuali ….
A. media C. komunikasi E. komunikator
B. teman pergaulan D. pesan
29. Fungsi komunikasi politik antara lain sebagai berikut, kecuali ….
A. sebagai sarana input politik
B. sebagai sosialisasi politik pada masyarakat
C. sebagai control social politik
D. sebagai bagian upaya diktaktorisme
E. sebagai penghubung antara pemerintah dan rakyat
30. Sekelompok manusia yang terorganisir secara stabil dengan tujuan merebut, menggunakan dan mempertahankan kekuasaan pemerintahan serta merebut dukungan rakyat merupakan pengertian dari ….
A. komunikasi politik C. kebudayaan politik E. sistem politik
B. partai politik D. ideologi politik
31. Sekelompok ini merupakan fungsi partai politik kecuali ….
A. sarana menghidupi keluarga D. sarana pereda konflik
B. sarana sosialisasi politik E. sarana komunikasi
C. sarana rekruitmen
32. Pendidikan politik yang baik secara ideal bagi kader partai politik maupun masyarakat luas bertujuan untuk ….
A. meningkatkan daya tahan masyarakat dari pengaruh budaya-budaya asing
B. memperoleh masa sebanyak-banyaknya dalam mendukung perolehan suara dalam pemilu
C. menyediakan formulir kepada masyarakat agar menjadi anggota partai politik
D. meningkatkan kesadaran akan hak sebagai anggota masyarakat
E. meningkatkan budaya politik yang sadar akan hak dan kewajibannya
33. Sikap orientasi yang khas dari warga negara terhadap system politik merupakan pengertian dari …
A. sistem politik C. manajemen politik E. sosialisasi politik
B. komunikasi politik D. budaya politik
34. Indonesia menganut sistem demokrasi ,hal itu tercantum dalam UUD 1945 ….
A. Pasal 2 Ayat 3 D. Pasal 2 Ayat 2
B. Pasal 1 Ayat 2 E. Pasal 1 Ayat 1
C. Pasal 2 Ayat 1
35. Pada zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 4 sudah dikenal suatu pemerintahan yang menerapkan prinsip demokrasi yaitu….
A. demokrasi liberal D. demokrasi ortodok
B. demokrasi perwakilan E. demokrasi langsung
C. demokrasi tidak langsung
36. Demokrasi barat berkembang di Negara-negara kapitalis, karena itu demokrasi barat disebut juga….
A. demokrasi borjuis D. demokrasi liberal
B. demokrasi modern E. demokrasi klasik
C. demokrasi ekonomi
37. Pemilhan Umum merupakan salah satu ciri….
A. sistem pemerintahan parlementer
B. pemerintahan yang demokratis
C. pemerintahan yang berpahamkan sosialis
D. sistem pemerintahan presidential
E. pemerintahan yang liberalis
38. Masyarakat yang memililiki keteraturan hidup dalam suasana perikehidupan yang mandiri berkeadilan sosial dan sejahtera adalah pengertian dari….
A. masyarakat modern D. masyarakat industri
B. masyarakat desa E. masyarakat kota
C. masyarakat madani
39. Negara Indonesia adalah negara demokrasi artinya….
A. Mahkamah Agung sebagai lembaga yudikatif
B. MPR sebagai lembaga Negara
C. kedaulatan ada ditangan rakyat
D. DPR sebagai lembaga pembuat undang-undang
E. Presiden sebagai kepala pemerintahan
40. Demokrasi liberal yang pernah dilakukan di Indonesia ternyata tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila karena….
A. kehidupan politik tidak berkenbang
B. munculnya berbagai partai politik
C. MPR dan DPR hasil pemilu tidak terbentuk
D. partai politik lebih mengutamakan kepentingannya
E. tata kehidupan liberal yang semakin berkembang
41. Selama masa orde baru berkuasa ( 1966-1998 ) dampak positip adalah sarana fisik yang dibangun, sedangkan dampak negativenya , antara lain berikut ini, kecuali….
A. menyelenggarakan penataran
B. mengabaikan persoalan hak asasi manusia ( HAM )
C. mandegnya pelaksanaan demokrasi
D. hukum digunakan sebagai alat kekuasaan
E. maraknya korupsi,kolusi, dan nepotisme ( KKN )
42. Ciri khas demokrasi pancasila dalam membuat suatu keputusan adalah….
A. musyawarah-mufakat
B. keseimbangan hak dan kewajiban
C. keseimbangan kepentingan individu dan nasyarakat
D. menggunakan keputusan suara terbanyak
E. menggunakan akal sehat
43. Yang dimaksud pemilihan umum adalah ….
A. pemilihan kepala desa
B. pemilihan gubernur dan wakil gubernur
C. pemilihan anggota DPR dan DPD
D. pemilihan bupati/walikota dan wakilnya
E. pemilihan presiden dan wakil presiden
44. Landasan idiil demokrasi pancasila adalah …. pancasila
A. Sila ke lima
B. Sila ke dua
C. Sila ke tiga
D. Sila ke empat
E. Sila pertama
45. Secara umum masyarakat madani adalah suatu corak kehidupan masyarakat yang teroganisasi, yang mempunyai sifat sebagai berikut, kecuali….
A. sadar hokum D. ekslusif
B. mandiri E. toleran
C. ikhlas
46. Latar belakang munculnya gagasan menciptakan masyarakat madani adalah….
A. mencegah kesewenangan dominasi kekuasaan
B. mengembangkan kebebasan ekonomi
C. menciptakan gejolak politik
D. membatasi kebebasan masyarakat dengan ketat
E. melawan kekuasaan negara yang sah
47. Demokrasi yang dilaksanakan di Negara RRC, Rusia, Korea Utara, Vietnam dan Kuba
adalah….
A. Demokrasi Barat D. Demokrasi Islam
B. Demokrasi Komunis E. Demokrasi Liberal
C. Demokrasi Pancasila
48. Demokrasi yang digunakan Negara Indonesia sekarang adalah….
A. Demokrasi Islam
B. Demokrasi Pancasila
C. Demokrasi Liberal
D. Demokrasi Komunis
E. Demokrasi Terpimpin
49. Pada masyarakat pedesaan yang masih sangat sederhana tingkat partisipasi politiknya
cenderung….
A. aktif D. tinggi
B. cukup E. sedang
C. rendah
50. Demokrasi yang didasarkan pada sila ke empat pancasila tetapi keputusan ada di
tangan pemimpin disebut ….
A. demokrasi timur D. demokrasi liberal
B. demokrasi rakyat E. demokrasi pancasila
C. demokrasi terpimpin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar