Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 02]
| MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA | |||
| KELAS / SEMESTER | : | V / 1 | |||
| MATERI | : | WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN | |||
| SUB MATERI | : | MELAKUKAN OPERASI HITUNG SATUAN WAKTU | |||
| WAKTU | : | 60 MENIT | |||
| Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! | |||||
| 1. | 4 Jam = …. Menit | ||||
| a. | 180 menit | c. 300 menit | |||
| b. | 240 menit | d. 400 menit | |||
| 2. | 30 menit = ….. Detik | ||||
| a. | 60 detik | c. 1.000 detik | |||
| b. | 180 detik | d. 1.800 detik | |||
| 3. | 2 jam = ….. Detik | ||||
| a. | 120 detik | c. 6.600 detik | |||
| b. | 3.600 detik | d. 7.200 detik | |||
| 4. | 10 menit 40 detik = …… Detik | ||||
| a. | 600 detik | c. 2.800 detik | |||
| b. | 640 detik | d. 3.600 detik | |||
| 5. | 6 jam 40 menit = ……….. Menit | ||||
| a. | 360 menit | c. 500 menit | |||
| b. | 400 menit | d. 21.640 menit | |||
| 6. | 600 menit + 120 menit = ….. Jam | ||||
| a. | 10 jam | c. 12 jam | |||
| b. | 11 jam | d. 13 jam | |||
| 7. | 20 menit 25 detik = ….. Detik | ||||
| a. | 120 detik | c. 1.200 detik | |||
| b. | 145 detik | d. 1.225 detik | |||
| 8. | 3 jam 10 menit 360 detik = ….. Menit = …… Detik | ||||
| a. | 196 menit atau 3600 detik | c. 360 menit atau 7.012 detik | |||
| b. | 196 menit atau 11.760 detik | d. 360 menit atau 11.760 detik | |||
| 9. | 10.800 detik + 60 menit = ….. Jam | ||||
| a. | 3 jam | c. 5 jam | |||
| b. | 4 jam | d. 6 jam | |||
| 10. | 11 minggu = ….. Hari | ||||
| a. | 60 hari | c. 77 hari | |||
| b. | 70 hari | d. 80 hari | |||
| 11. | 2,5 abad = ….. Tahun | ||||
| a. | 2,5 tahun | c. 250 tahun | |||
| b. | 25 tahun | d. 300 tahun | |||
| 12. | 450 hari = ….. Bulan | ||||
| a. | 10 bulan | c. 14 bulan | |||
| b. | 12 bulan | d. 15 bulan | |||
| 13. | 3 lustrum = ….. Tahun = ….. Bulan | ||||
| a. | 15 tahun atau 180 bulan | c. 24 tahun atau 250 bulan | |||
| b. | 15 tahun atau 200 bulan | d. 24 tahun atau 288 bulan | |||
| 14. | 14 tahun + 120 bulan = …. Windu | ||||
| a. | 2 windu | c. 4 windu | |||
| b. | 3 windu | d. 5 windu | |||
| 15. | 5 bulan + 6 minggu = …. Hari | ||||
| a. | 150 hari | c. 192 hari | |||
| b. | 172 hari | d. 255 hari | |||
| 16. | 1,5 tahun + 4 minggu + 49 hari = ….. Minggu | ||||
| a. | 85 minggu | c. 90 minggu | |||
| b. | 89 minggu | d. 96 minggu | |||
| 17. | 4 abad + 10 tahun = …. Bulan | ||||
| a. | 4.920 bulan | c. 4.950 bulan | |||
| b. | 4.940 bulan | d. 5.000 bulan | |||
| 18. | 4 minggu + 14 bulan + 25 hari = …… Hari | ||||
| a. | 470 hari | c. 473 hari | |||
| b. | 472 hari | d. 475 hari | |||
| 19. | 10¼ tahun + 9 bulan = ….. Bulan | ||||
| a. | 125 bulan | c. 130 bulan | |||
| b. | 128 bulan | d. 132 bulan | |||
| 20. | Pak Agus membaca koran dari pukul 06.10 sampai pukul 07.05. Berapa lama pak Agus membaca koran ? | ||||
| a. | 45 menit | c. 55 menit | |||
| b. | 50 menit | d. 1 jam | |||
| 21. | Laras, Pipit & Via menanam bunga dari pukul 09.55 sampai pukul 11.25. Berapa lama mereka menanam bunga ? | ||||
| a. | 1 jam | c. 1 jam 45 menit | |||
| b. | 1 jam 30 menit | d. 2 jam | |||
| 22. | Laras & Kanjeng Mami bermain ular tangga mulai dari pukul 15.20 dan selesai pukul 17.20. Berapa menit mereka bermain ular tangga ? | ||||
| a. | 60 menit | c. 120 menit | |||
| b. | 90 menit | d. 2 jam | |||
| 23. | Pritha bermain boneka mulai umur 2 tahun. Setelah umur 6 tahun, Pritha tidak mau lagi bermain boneka. Berapa bulankah Pritha gemar bermain boneka ? | ||||
| a. | 48 bulan | c. 62 bulan | |||
| b. | 50 bulan | d. 75 bulan | |||
| 24. | Via berangkat sekolah diantar ayahnya menggunakan motor. Jika Via berangkat pukul 07.05 dan sampai di sekolah pukul 07.45. Berapa lama perjalanan Via ke sekolah ? | ||||
| a. | 30 menit | c. 45 menit | |||
| b. | 40 menit | d. 1 jam | |||
| 25. | Pak Parto dan Bu Ida mengajar di SDN Cikumpa, Depok selama 6 tahun 18 minggu. Berapa hari mereka mengajar di SDN Cikumpa, Depok ? | ||||
| a. | 2.250 hari | c. 2.315 hari | |||
| b. | 2.300 hari | d. 2.316 hari | |||
| 26. | Sule membutuhkan waktu 4 jam 15 menit untuk membuat bedeng cabai dan 1 jam 10 menit untuk menebar bibit cabainya. Selama bekerja, Sule beristirahat dua kali masing-masing 5 menit dan 20 menit. Jika Sule mulai bekerja pukul 08.25, pada pukul berapa Sule berhasil menyelesaikan pekerjaannya ? | ||||
| a. | 12.15 | c. 14.00 | |||
| b. | 13.30 | d. 14.15 | |||
| 27. | Jika sekarang pukul 21.15, maka 50 menit yang akan datang pukul : | ||||
| a. | 22.00 | c. 22.10 | |||
| b. | 22.05 | d. 23.15 | |||
| 28. | Jika sekarang pukul 11.47, maka 57 menit yang lalu pukul : | ||||
| a. | 10.10 | c. 10.55 | |||
| b. | 10.50 | d. 12.44 | |||
| 29. | 2¾ jam + 50 menit = … Detik | ||||
| a. | 625 detik | c. 12.000 detik | |||
| b. | 9.000 detik | d. 12.900 detik | |||
| 30. | 4½ jam + 660 detik = … Menit | ||||
| a. | 280 menit | c. 285 menit | |||
| b. | 281 menit | d. 290 menit | |||
| Selamat Mengerjakan !!! | |||||
17
Oct
Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 01]
| MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA | |||
| KELAS / SEMESTER | : | V / 1 | |||
| MATERI | : | WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN | |||
| SUB MATERI | : | MENULIS TANDA WAKTU DGN MENGGUNAKAN NOTASI 24 JAM | |||
| WAKTU | : | 15 MENIT | |||
| Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! | |||||
| 1. | Pada penulisan waktu dengan notasi 24 jam, berlaku : | ||||
| a. | Tanda waktu dari pukul 1 malam sampai pukul 12 siang ditulis menggunakan angka 1 sampai 12 | ||||
| b. | Tanda waktu dari pukul 1 siang sampai pukul 12 malam ditulis menggunakan angka 13 sampai 24 | ||||
| c. | Pukul 4 pagi ditulis 04.00 dan pukul 4 sore ditulis 16.00 | ||||
| d. | Jawaban a, b dan c benar | ||||
| 2. | Ibu berangkat kerja pukul 07.15, maksudnya adalah : | ||||
| a. | Ibu berangkat kerja tepat jam tujuh pagi | ||||
| b. | Ibu berangkat kerja jam tujuh lebih lima belas menit pagi | ||||
| c. | Ibu berangkat kerja tepat jam tujuh malam | ||||
| d. | Ibu berangkat kerja jam tujuh lebih lima belas menit malam | ||||
| 3. | Pukul sepuluh kurang sepuluh menit pagi, ditulis : | ||||
| a. | 09.50 | c. 10.50 | |||
| b. | 10.10 | d. 21.50 | |||
| 4. | Pukul 13.45, dibaca : | ||||
| a. | Jam satu lebih empat puluh lima menit siang | ||||
| b. | Jam setengah dua siang | ||||
| c. | Jam dua kurang seperempat siang | ||||
| d. | Jawaban a dan c benar | ||||
| 5. | Pukul dua belas malam, ditulis : | ||||
| a. | 12.00 | c. 00.00 | |||
| b. | 24.00 | d. Jawaban b dan c benar | |||
| 6. | Pukul 22.30, dibaca : | ||||
| a. | Jam setengah sebelas malam | ||||
| b. | Jam sepuluh lebih tiga puluh menit malam | ||||
| c. | Jam sepuluh malam | ||||
| d. | Jawaban a dan b benar | ||||
| 7. | Pada pukul 23.00, jarum pendek pada jam dinding menunjuk pada angka : | ||||
| a. | 10 | c. 12 | |||
| b. | 11 | d. 23 | |||
| 8. | Pada pukul empat lebih seper empat menit, jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka : | ||||
| a. | 3 | c. 9 | |||
| b. | 6 | d. 12 | |||
| 9. | Pada pukul setengah delapam malam, jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka : | ||||
| a. | 3 | c. 8 | |||
| b. | 6 | d. 9 | |||
| 10. | Pada pukul lima kurang dua puluh menit, jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka : | ||||
| a. | 6 | c. 8 | |||
| b. | 7 | d. 9 | |||
| Selamat Mengerjakan !!! | |||||
23
Aug
Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 03]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | |||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | |||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | |||
| SUB MATERI | : MENAKSIR HASIL OPERASI HITUNG | |||
| WAKTU | : 30 MENIT | |||
| Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! | ||||
| 1. | Menaksir dalan operasi hitung berarti : | |||
| a. | Meramalkan hasil suatu perhitungan | |||
| b. | “Memperkirakan” hasil dalam satuan, puluhan atau ratusan terdekat | |||
| c. | “Memperkirakan” kemungkinan yang akan terjadi | |||
| d. | Merubah hasil hitungan yang sesungguhnya | |||
| 2. | Hasil taksiran dalam satuan terdekat dari 9,7 x 12,1 dan 19,5 + 10,4 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 120 dan 28 | c. 117 dan 30 | ||
| b. | 108 dan 29 | d. 120 dan 30 | ||
| 3. | Hasil taksiran dalam satuan terdekat dari 13,46 x 16,12 dan 21,55 – 17,91 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 29 dan 3 | c. 31 dan 4 | ||
| b. | 30 dan 4 | d. 31 dan 5 | ||
| 4. | Hasil taksiran dalam puluhan terdekat dari 216 – 94 dan 114 x 18 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 130 dan 2200 | c. 120 dan 2200 | ||
| b. | 130 dan 2400 | d. 110 dan 1100 | ||
| 5. | Hasil taksiran dalam puluhan terdekat dari 985 + 26 dan 211 : 12 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 1010 dan 20 | c. 1100 dan 22 | ||
| b. | 1020 dan 21 | d. 1020 dan 20 | ||
| 6. | Hasil taksiran dalam ratusan terdekat dari 390 – 105 dan 1180 : 142 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 200 dan 11 | c. 300 dan 11 | ||
| b. | 200 dan 12 | d. 300 dan 12 | ||
| 7. | Hasil taksiran dalam ratusan terdekat dari 15.270 + 225 dan 115 x 285 berturut-turut adalah : | |||
| a. | 15.000 dan 20.000 | c. 15.400 dan 20.000 | ||
| b. | 15.500 dan 30.000 | d. 15.495 dan dan 30.000 | ||
| 8. | Sebuah menara “WISMA LARAS” terdiri dari 3 bagian dengan tinggi masing-masing bagian 65 meter, 56 meter dan 42 meter. Perkiraan tinggi menara berdasarkan taksiran rendah, taksiran tinggi dan taksiran terbaik berturut-turut adalah : | |||
| a. | 150, 170 dan 170 | c. 150, 180 dan 163 | ||
| b. | 160, 180 dan 170 | d. 150, 180 dan 170 | ||
| 9. | Sebuah gedung “PONDOK PIPIT” terdiri dari 100 lantai. Jika tinggi gedung tersebut adalah 456 meter, maka tinggi masing-masing lantai berdasarkan taksiran terbaik adalah : | |||
| a. | 4 meter | c. 4,6 meter | ||
| b. | 4,5 meter | d. 5 meter | ||
| 10. | Hasil taksiran terbaik dari perkalian 432 x 96 adalah : | |||
| a. | 43.000 | c. 40.000 | ||
| b. | 4.300 | d. 4.000 | ||
| Selamat Mengerjakan !!! | ||||
22
Aug
Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 02]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | |||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | |||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | |||
| SUB MATERI | : PEMBULATAN BILANGAN | |||
| WAKTU | : 15 MENIT | |||
| Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! | ||||
| 1. | Hasil pembulatan sampai satu tempat desimal bilangan 12, 34 — 28,29 — 9,783 dan 16,456 berturut-turut adalah sebagai berikut : | |||
| a. | 12,3 — 28,3 — 9,8 dan 16,5 | |||
| b. | 12,34 — 28,29 — 9,78 dan 16,46 | |||
| c. | 12,3 — 28,3 — 9,78 dan 16,46 | |||
| d. | 12,4 — 28,3 — 9,8 dan 16,5 | |||
| 2. | Hasil pembulatan sampai dua tempat desimal bilangan 7,621 — 12,774 — 66,819 dan 100,865 berturut-turut adalah sebagai berikut : | |||
| a. | 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,86 | |||
| b. | 7,6 — 12,8 — 66,8 dan 100,9 | |||
| c. | 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,87 | |||
| d. | 7,62 — 12,77 — 66,81 dan 100,86 | |||
| 3. | Hasil pembulatan sampai satuan terdekat dari bilangan 12,27 — 21,9 — 30,49 dan 81,36 berturut-turut adalah sebagai berikut : | |||
| a. | 12 — 21 — 30 dan 81 | |||
| b. | 12,3 — 21,9 — 30,5 dan 81,4 | |||
| c. | 12,3 — 22 — 30,5 dan 81,4 | |||
| d. | 12 — 22 — 31 dan 81 | |||
| 4. | Hasil pembulatan sampai ratusan terdekat dari bilangan 664 — 250 — 739 dan 877 berturut-turut adalah sebagai berikut : | |||
| a. | 600 — 200 — 700 dan 800 | |||
| b. | 700 — 300 — 700 dan 900 | |||
| c. | 700 — 200 — 700 dan 900 | |||
| d. | 700 — 300 — 800 dan 900 | |||
| 5. | Hasil pembulatan sampai ribuan terdekat dari bilangan 2001 — 7500 — 6921 dan 4444 berturut-turut adalah sebagai berikut : | |||
| a. | 2000 — 8000 — 7000 dan 4000 | |||
| b. | 2000 — 7000 — 6000 dan 4000 | |||
| c. | 2000 — 7000 — 7000 dan 4000 | |||
| d. | 2000 — 8000 — 7000 dan 5000 | |||
| Selamat Mengerjakan !!! | ||||
22
Aug
Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 01]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | |||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | |||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | |||
| SUB MATERI | : OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT | |||
| WAKTU | : 50 MENIT | |||
| Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !! | ||||
| 1. | Bilangan 203.105 dibaca : | |||
| a. | Dua nol tiga satu nol lima | |||
| b. | Dua puluh tiga ribu lima belas | |||
| c. | Dua ratus tiga ribu seratus lima | |||
| d. | Dua ratus tiga ribu seratus lima puluh | |||
| 2. | “Tiga puluh tiga ribu enam ratus tujuh puluh lima”, jika ditulis dalam suatu bilangan adalah : | |||
| a. | 336.705 | c. 33.600 | ||
| b. | 303.675 | d. 33.675 | ||
| 3. | Bilangan bulat terdiri dari : | |||
| a. | Bilangan negatif, 0 dan bilangan positif | |||
| b. | Bilangan negatif dan bilangan positif | |||
| c. | 0 dan bilangan positif | |||
| d. | Bilangan negatif dan 0 | |||
| 4. | Dalam suatu garis bilangan, semakin ke kiri maka nilai bilangan akan : | |||
| a. | Semakin besar | c. Mendekati 0 | ||
| b. | Semakin kecil | d. Tidak pasti | ||
| 5. | Pernyataan berikut yang memenuhi “sifat komutatif (pertukaran)” dalam penjumlahan adalah : | |||
| a. | 11 + 8 = 8 + 11 | c. -24 + 5 = 5 + (-24) | ||
| b. | -10 + (-2) = -2 + (-10) | d. Jawaban a, b dan c benar | ||
| 6. | Jika sebuah bilangan dijumlahkan dengan 0 (nol), maka hasilnya adalah : | |||
| a. | Bilangan bulat | c. Bilangan itu sendiri | ||
| b. | Bilangan poitif | d. 0 | ||
| 7. | Operasi pengurangan adalah : | |||
| a. | Lawan dari penjumlahan | |||
| b. | Lawan dari pembagian | |||
| c. | Hasil operasi penjumlahan dengan 0 | |||
| d. | Hasil penjumlahan yang menghasilkan bilangan negatif | |||
| 8. | Operasi pengurangan 10 – 13 sama hasilnya dengan : | |||
| a. | -10 + 13 | c. 10 + (-13) | ||
| b. | -10 – 13 | d. 10 + 13 | ||
| 9. | Dalam operasi perkalian berlaku ketentuan : | |||
| a. | Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = POSITIF dan negatif x negatif = NEGATIF | |||
| b. | Positif x positif = NEGATIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = NEGATIF | |||
| c. | Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = POSITIF | |||
| d. | Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = NEGATIF | |||
| 10. | Pernyataan berikut yang memenuhi sifat komutatif (pertukaran) dalam perkalian adalah : | |||
| a. | -3 x 7 = 7 x (-3) | c. -3 x 7 = 7 x 3 | ||
| b. | -3 x 7 = (-3) x (-7) | d. -332 x 0 = 0 | ||
| 11. | Setiap bilangan jika dikalikan dengan 0 (nol), hasilnya adalah : | |||
| a. | Bilangan itu sendiri | c. 1 | ||
| b. | 0 | d. Bilangan negatif | ||
| 12. | Kebalikan dari operasi perkalian adalah : | |||
| a. | Pengurangan | c. Pembagian | ||
| b. | Penjumlahan | d. Jawaba a dan c benar | ||
| 13. | Dalam operasi pembagian berlaku : | |||
| a. | Kebalikan dari operasi perkalian | |||
| b. | Setiap bilangan tidak dapat dibagi dengan 0 (nol) | |||
| c. | Bila suatu bilangan dibagi dengan 0, hasilnya ∞ (dibaca : “tidak terdefinisi”) | |||
| d. | Jawaban a, b dan c benar | |||
| 14. | Hasil pembagian -100 : 20 adalah : | |||
| a. | 5 | c. 25 | ||
| b. | -5 | d. 50 | ||
| 15. | Hasil pembagian -625 : -5 adalah : | |||
| a. | 25 | c. 125 | ||
| b. | -125 | d. Tidak terdefinisi | ||
| 16. | Hasil pembagian 170 : (-10) adalah : | |||
| a. | 160 | c. -17 | ||
| b. | -160 | d. 17 | ||
| 17. | Penjumlahan 117 + 213 akan lebih mudah dikerjakan bila dikelompokkan menjadi : | |||
| a. | 117 + 13 + 200 | |||
| b. | 50 + 67 + 100 + 100 + 13 | |||
| c. | 117 + 200 + 3 + 20 | |||
| d. | 100 + 7 + 200 + 33 | |||
| 18. | Sifat komutatif (pertukaran) dalam operasi hitung, berlaku untuk : | |||
| a. | Penjumlahan dan pengurangan | |||
| b. | Perkalian dan pembagian | |||
| c. | Pengurangan dan pembagian | |||
| d. | Penjumlahan dan perkalian | |||
| 19. | Sifat asosiatif (pengelompokan) dalam operasi hitung, berlaku untuk : | |||
| a. | Perkalian dan pembagian | |||
| b. | Penjumlahan dan pengurangan | |||
| c. | Penjumlahan, pengurangan dan perkalian | |||
| d. | Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian | |||
| 20. | 33 + 7 + 16 = (33 + 7) + 16, operasi tersebut sesuai dengan sifat : | |||
| a. | Komutatif (pertukaran) | |||
| b. | Asosiatif (Pengelompokan) | |||
| c. | Distributif (penyebaran) | |||
| d. | Jawaban a dan c benar | |||
| 21. | 44 x 2 = 2 x 44, operasi tersebut sesuai dengan sifat : | |||
| a. | Komutatif (pertukaran) | |||
| b. | Asosiatif (Pengelompokan) | |||
| c. | Distributif (penyebaran) | |||
| d. | Jawaban a dan c benar | |||
| 22. | 50 x 16 = 50 x (10 + 6), operasi tersebut sesuai dengan sifat : | |||
| a. | Komutatif (pertukaran) | |||
| b. | Asosiatif (Pengelompokan) | |||
| c. | Distributif (penyebaran) | |||
| d. | Jawaban a dan c benar | |||
| 23. | Jika menggunakan sifat distributif (penyebaran), -17 x 28 = | |||
| a. | 28 x (-17) | c. -17 x 30 x (-2) | ||
| b. | -17 x 20 x 8 | d. -17 x (30 – 2) | ||
| 24. | Hasil penghitungan 9 x (10 – 3) adalah : | |||
| a. | 63 | c. -270 | ||
| b. | 87 | d. 90 | ||
| 25. | Pernyataan yang sesuai dengan operasi bilangan (110 + 4) x 25 adalah : | |||
| a. | (110 x 25) + (4 x 25) | c. 2850 | ||
| b. | 114 x 25 | d. Jawaban a, b dan c benar | ||
| Selamat Mengerjakan !!! | ||||
Jawaban Soal Matematikanya
| MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA | ||||||
| KELAS / SEMESTER | : | V / I | ||||||
| MATERI | : | WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN | ||||||
| SUB MATERI | : | MELAKUKAN OPERASI HITUNG SATUAN WAKTU | ||||||
| JUMLAH SOAL | : | 30 SOAL | ||||||
| Kunci Jawaban & Pembahasan : | ||||||||
| 1. | b | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 4 jam | ||||||||
| = 4 x 60 menit | ||||||||
| = 240 menit | ||||||||
| 2. | d | ==> | 1 menit = 60 detik | |||||
| 30 menit | ||||||||
| = 30 x 60 menit | ||||||||
| = 1.800 detik | ||||||||
| 3. | d | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 1 menit = 60 detik | ||||||||
| 1 jam = 3.600 detik | ||||||||
| 2 jam | ||||||||
| = 2 x 3.600 detik | ||||||||
| = 7.200 detik | ||||||||
| 4. | b | ==> | 1 menit = 60 detik | |||||
| 10 menit 40 detik | ||||||||
| = (10 x 60 detik) + 40 detik | ||||||||
| = 640 detik | ||||||||
| 5. | b | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 6 jam 40 menit | ||||||||
| = (6 x 60 menit) + 40 menit | ||||||||
| = 400 menit | ||||||||
| 6. | c | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 600 menit + 120 menit | ||||||||
| = (600 : 60) jam + (120 : 60) jam | ||||||||
| = 10 jam + 2 jam | ||||||||
| = 12 jam | ||||||||
| 7. | d | ==> | 1 menit = 60 detik | |||||
| 20 menit 25 detik | ||||||||
| = (20 x 60 detik) + 25 detik | ||||||||
| = 1.225 detik | ||||||||
| 8. | b | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 1 menit = 60 detik | ||||||||
| 1 jam = 3.600 detik | ||||||||
| 3 jam + 10 menit + 360 detik | ||||||||
| = (3 x 60) menit + 10 menit + (360 : 60) menit | ||||||||
| = 180 menit + 10 menit + 6 menit | ||||||||
| = 196 menit | ||||||||
| Atau | ||||||||
| = (3 x 3.600) detik + (10 x 60) detik + 360 detik | ||||||||
| = 10.800 detik + 360 detik + 360 detik | ||||||||
| = 11.760 detik | ||||||||
| NB. Detik juga bisa dihitung langsung dari menitnya | ||||||||
| 196 menit | ||||||||
| = 196 x 60 detik | ||||||||
| = 11.760 detik | ||||||||
| 9. | b | ==> | 1 jam = 60 menit | |||||
| 1 menit = 60 detik | ||||||||
| 1 jam = 3.600 detik | ||||||||
| 10.800 detik + 60 menit | ||||||||
| = (10.800 : 3600) jam + (60 : 60) jam | ||||||||
| = 3 jam + 1 jam | ||||||||
| = 4 jam | ||||||||
| 10. | c | ==> | 1 minggu = 7 hari | |||||
| 11 minggu | ||||||||
| = 11 x 7 hari | ||||||||
| = 77 hari | ||||||||
| 11. | c | ==> | 1 abad = 100 tahun | |||||
| 2,5 abad | ||||||||
| = 2,5 x 100 tahun | ||||||||
| = 250 tahun | ||||||||
| 12. | d | ==> | 1 bulan = 30 hari | |||||
| 450 hari | ||||||||
| = 450 hari : 30 | ||||||||
| = 15 bulan | ||||||||
| 13. | a | ==> | 1 lustrum = 5 tahun | |||||
| 3 lustrum | ||||||||
| = 3 x 5 tahun | ||||||||
| = 15 tahun | ||||||||
| Atau | ||||||||
| = 15 x 12 bulan | ||||||||
| = 180 bulan | ||||||||
| 14. | b | ==> | 1 tahun = 12 bulan | |||||
| 14 tahun + 120 bulan | ||||||||
| = 14 tahun + (120 : 12) tahun | ||||||||
| = 14 tahun + 10 tahun | ||||||||
| = 24 tahun | ||||||||
| 1 windu = 8 tahun | ||||||||
| 24 tahun | ||||||||
| = 24 tahun : 8 | ||||||||
| = 3 windu | ||||||||
| 15. | c | ==> | 1 minggu = 7 hari | |||||
| 1 bulan = 30 hari | ||||||||
| 5 bulan + 6 minggu | ||||||||
| = (5 x 30) hari + (6 x 7) hari | ||||||||
| = 150 hari + 42 hari | ||||||||
| = 192 hari | ||||||||
| 16. | b | ==> | 1 minggu = 7 hari | |||||
| 1 tahun = 52 minggu | ||||||||
| 1,5 tahun + 4 minggu + 49 hari | ||||||||
| = (1,5 x 52) minggu + 4 minggu + (49 : 7) minggu | ||||||||
| = 78 minggu + 4 minggu + 7 minggu | ||||||||
| = 89 minggu | ||||||||
| 17. | a | ==> | 1 tahun = 12 bulan | |||||
| 1 abad = 100 tahun = 1.200 bulan | ||||||||
| 4 abad + 10 tahun | ||||||||
| = (4 x 1.200) bulan + (10 x 12) bulan | ||||||||
| = 4.800 bulan + 120 bulan | ||||||||
| = 4.920 bulan | ||||||||
| 18. | c | ==> | 1 minggu = 7 hari | |||||
| 1 bulan = 30 hari | ||||||||
| 4 minggu + 14 bulan + 25 hari | ||||||||
| = (4 x 7) hari + (14 x 30) hari + 25 hari | ||||||||
| = 28 hari + 420 hari + 25 hari | ||||||||
| = 473 hari | ||||||||
| 19. | d | ==> | 1 tahun = 12 bulan | |||||
| 10¼ tahun + 9 bulan | ||||||||
| = (10¼ x 12) bulan + 9 bulan | ||||||||
| = 123 bulan + 9 bulan | ||||||||
| = 132 bulan | ||||||||
| 20. | c | ==> | cukup jelas | |||||
| 21. | b | ==> | cukup jelas | |||||
| 22. | c | ==> | cukup jelas | |||||
| 23. | a | ==> | cukup jelas | |||||
| 24. | b | ==> | cukup jelas | |||||
| 25. | d | ==> | 1 tahun = 365 hari | |||||
| 1 minggu = 7 hari | ||||||||
| 6 tahun 18 minggu | ||||||||
| = (6 x 365) hari + (18 x 7) hari | ||||||||
| = 2.190 hari + 126 hari | ||||||||
| = 2.316 hari | ||||||||
| 26. | d | ==> | 4 jam 15 menit + 1 jam 10 menit + 5 menit + 20 menit | |||||
| = 4 jam + 1 jam + 15 mnt + 10 mnt + 5 mnt + 20 mnt | ||||||||
| = 5 jam + 50 menit | ||||||||
| Sule mulai bekerja pukul 08.25 | ||||||||
| 08.25 + 5 jam 50 menit = 14.15 | ||||||||
| 27. | b | ==> | cukup jelas | |||||
| 28. | b | ==> | cukup jelas | |||||
| 29. | d | ==> | 1 menit = 60 detik | |||||
| 1 jam = 60 menit = 3.600 detik | ||||||||
| 2¾ jam + 50 menit | ||||||||
| = (2¾ x 3.600) detik + (50 x 60) detik | ||||||||
| = (11/4 x 3.600) detik + (50 x 60) detik | ||||||||
| = 9.900 detik + 3.000 detik | ||||||||
| = 12.900 detik | ||||||||
| 30. | b | ==> | 1 menit = 60 detik | |||||
| 1 jam = 60 menit = 3.600 detik | ||||||||
| 4½ jam + 660 detik | ||||||||
| = (4½ x 60) menit + (660 : 60) menit | ||||||||
| = 270 menit + 11 menit | ||||||||
| = 281 menit | ||||||||
| ** | CATATAN : | 1 menit = 60 detik | ||||||
| 1 jam = 60 menit | ||||||||
| 1 jam = 3.600 detik | ||||||||
| 1 minggu = 7 hari | ||||||||
| 1 bulan = 30 hari | ||||||||
| 1 tahun = 12 bulan | ||||||||
| 1 tahun = 362 hari | ||||||||
| 1 tahun = 52 minggu | ||||||||
| 1 lustrum = 5 tahun | ||||||||
| 1 windu = 8 tahun | ||||||||
| 1 abad = 100 tahun | ||||||||
| Ketentuan Penilaian : | ||||||||
| 1. | Nilai = Jumlah jawaban benar : 3 | |||||||
| 2. | Nilai tertinggi adalah 10 | |||||||
| Terimakasih atas kunjungan anda, | ||||||||
| Teruslah belajar dan berlatih, dan | ||||||||
| JADILAH YANG TERBAIK | ||||||||
17
Oct
Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 01]
| MATA PELAJARAN | : | MATEMATIKA | ||||||
| KELAS / SEMESTER | : | V / I | ||||||
| MATERI | : | WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN | ||||||
| SUB MATERI | : | MENULIS TANDA WAKTU DGN MENGGUNAKAN NOTASI 24 JAM | ||||||
| JUMLAH SOAL | : | 10 SOAL | ||||||
| Kunci Jawaban & Pembahasan : | ||||||||
| 1. | d | |||||||
| 2. | d | |||||||
| 3. | a | |||||||
| 4. | d | |||||||
| 5. | d | |||||||
| 6. | d | |||||||
| 7. | b | |||||||
| 8. | a | |||||||
| 9. | b | |||||||
| 10. | c | |||||||
| Ketentuan Penilaian : | ||||||||
| 1. | Nilai = Jumlah jawaban benar x 10 | |||||||
| 2. | Nilai tertinggi adalah 100 | |||||||
| Terimakasih atas kunjungan anda, | ||||||||
| Teruslah belajar dan berlatih, dan | ||||||||
| JADILAH YANG TERBAIK | ||||||||
23
Aug
Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 03]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | ||||||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | ||||||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | ||||||
| SUB MATERI | : MENAKSIR HASIL OPERASI HITUNG | ||||||
| JUMLAH SOAL | : 10 Soal | ||||||
| Kunci Jawaban & Pembahasan : | |||||||
| 1. | b | ||||||
| 2. | d | —-> | Jika dibulatkan ke satuan terdekat : | ||||
| -> 9,7 x 12,1 menjadi 10 x 12 = 120 | |||||||
| -> 19,5 + 10,4 menjadi 20 + 10 = 30 | |||||||
| 3. | b | —-> | Jika dibulatkan ke satuan terdekat : | ||||
| -> 13,46 + 16,12 menjadi 14 x 16 = 30 | |||||||
| -> 21,55 – 17,91 menjadi 22 – 18 = 4 | |||||||
| 4. | a | —-> | Jika dibulatkan ke puluhan terdekat : | ||||
| -> 216 – 94 menjadi 220 – 90 = 130 | |||||||
| -> 114 x 18 menjadi 110 x 20 = 2200 | |||||||
| 5. | b | —-> | Jika dibulatkan ke puluhan terdekat : | ||||
| -> 985 + 26 menjadi 990 + 30 = 1020 | |||||||
| -> 211 : 12 menjadi 210 : 10 = 21 | |||||||
| 6. | d | —-> | Jika dibulatkan ke ratusan terdekat : | ||||
| -> 390 – 105 menjadi 400 -100 = 300 | |||||||
| -> 1180 : 142 menjadi 1200 : 100 = 12 | |||||||
| 7. | b | —-> | Jika dibulatkan ke ratusan terdekat : | ||||
| -> 15.270 + 225 menjadi 15.300 – 200 = 15.500 | |||||||
| -> 115 x 285 menjadi 100 x 300 = 30.000 | |||||||
| 8. | d | —-> | Hasil taksiran rendah : | ||||
| 65 + 56 + 42 menjadi 60 + 50 + 40 = 150 meter | |||||||
| Hasil taksiran tinggi : | |||||||
| 65 + 56 + 42 menjadi 70 + 60 + 50 = 180 meter | |||||||
| Hasil taksiran terbaik : | |||||||
| 65 + 56 + 42 menjadi 70 + 60 + 40 = 170 meter | |||||||
| 9. | c | —-> | Tinggi gedung “PONDOK PIPIT” = 456 meter | ||||
| Jumlah lantai = 100 | |||||||
| Tinggi tiap-tiap lantai berdasarkan taksiran terbaik : | |||||||
| = 456 : 100 menjadi 460 : 100 = 4,6 meter | |||||||
| 10. | c | —-> | Hasil taksiran terbaik dari 432 x 96 adalah : | ||||
| 430 x 100 = 43.000 | |||||||
| Ketentuan Penilaian : | |||||||
| 1. | Nilai = Jumlah jawaban benar x 10 | ||||||
| 2. | Nilai tertinggi adalah 100 | ||||||
| Terima kasih atas kunjungan anda, | |||||||
| Teruslah belajar dan berlatih, dan | |||||||
| JADILAH YANG TERBAIK | |||||||
22
Aug
Jawaban Soal Matermatika SD Kelas 5 [Bag. I : 02]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | ||||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | ||||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | ||||
| SUB MATERI | : PEMBULATAN BILANGAN | ||||
| JUMLAH SOAL | : 5 Soal | ||||
| Kunci Jawaban : | |||||
| 1. | a | ||||
| 2. | c | ||||
| 3. | d | ||||
| 4. | b | ||||
| 5. | a | ||||
| Ketentuan Penilaian : | |||||
| 1. | Nilai = Jumlah jawaban benar x 2 | ||||
| 2. | Nilai tertinggi adalah 10 | ||||
| Catatan Kunci Jawaban : | |||||
| 1. | PEMBULATAN adalah manaksir bilangan ke nilai terdekat | ||||
| 2. | Dalam pembulatan, angka 5 atau lebih dibulatkan KE ATAS dan angka kurang dari 5 dibulatkan KE BAWAH | ||||
| 3. | Pembulatan sampai satu tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada satu angka | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 66,21 dibulatkan menjadi 66,2 | |||||
| -> 21,55 dibulatkan menjadi 21,6 | |||||
| -> 76,69 dibulatkan menjadi 76,7 | |||||
| 4. | Pembulatan sampai dua tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada dua angka | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 45,212 dibulatkan menjadi 45,21 | |||||
| -> 90,575 dibulatkan menjadi 90,58 | |||||
| -> 6,6149 dibulatkan menjadi 6,62 | |||||
| 5. | Pembulatan sampai satuan terdekat artinya tidak ada tanda , (koma) di belakang bilangan (bilangan di belakang koma dibulatkan ke angka satuan / angka terakhir) | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 12,9 dibulatkan menjadi 13 | |||||
| -> 100,22 dibulatkan menjadi 100 | |||||
| -> 7,55 dibulatkan menjadi 8 | |||||
| 6. | Pembulatan bilangan ke puluhan terdekat artinya bilangan puluhan (dua angka paling belakang) dibulatkan | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 61, 62, 63 dan 64 dibulatkan menjadi 60 | |||||
| -> 75, 76, 77, 78 dan 79 dibulatkan menjadi 80 | |||||
| -> 546, 547, 548 dan 549 dibulatkan menjadi 550 | |||||
| 7. | Pembulatan bilangan ke ratusan terdekat artinya bilangan ratusan (tiga angka paling belakang) dibulatkan | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 501, 529, 540 dibulatkan menjadi 500 | |||||
| -> 750 dibulatkan menjadi 800 | |||||
| -> 855, 876, 890 dibulatkan menjadi 900 | |||||
| 8. | Pembulatan bilangan ke ribuan terdekat artinya bilangan ribuan (empat angka paling belakang) dibulatkan | ||||
| Contoh : | |||||
| -> 8600, 8760, 8901 dibulatkan menjadi 9000 | |||||
| -> 2500 dibulatkan menjadi 3000 | |||||
| -> 1250, 1300, 1499 dibulatkan menjadi 1000 | |||||
| Terima kasih atas kunjungan anda, | |||||
| Teruslah belajar dan berlatih, dan | |||||
| JADILAH YANG TERBAIK | |||||
22
Aug
Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 01]
| MATA PELAJARAN | : MATEMATIKA | ||||
| KELAS / SEMESTER | : V / 1 | ||||
| SUB MATERI | : OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT | ||||
| MATERI | : BILANGAN BULAT | ||||
| JUMLAH SOAL | : 25 Soal | ||||
| Kunci Jawaban : | |||||
| 1. | c | 11. | b | 21. | a |
| 2. | d | 12. | c | 22. | c |
| 3. | a | 13. | d | 23. | d |
| 4. | b | 14. | b | 24. | a |
| 5. | d | 15. | c | 25. | d |
| 6. | c | 16. | c | ||
| 7. | a | 17. | a | ||
| 8. | c | 18. | d | ||
| 9. | c | 19. | d | ||
| 10. | a | 20. | b | ||
| Penilaian : | |||||
| 1. | Nilai = Jumlah jawaban benar x 4 | ||||
| 2. | Nilai tertinggi adalah 100 | ||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar