animasi blog
HALO SOBAT

Senin, 03 Maret 2014

 Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 02]







MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V / 1
MATERI : WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN
SUB MATERI : MELAKUKAN OPERASI HITUNG SATUAN WAKTU




WAKTU : 60 MENIT






Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!






1. 4 Jam = …. Menit

a. 180 menit c. 300 menit

b. 240 menit d. 400 menit






2. 30 menit = ….. Detik

a. 60 detik c. 1.000 detik

b. 180 detik d. 1.800 detik






3. 2 jam = ….. Detik

a. 120 detik c. 6.600 detik

b. 3.600 detik d. 7.200 detik






4. 10 menit 40 detik = …… Detik

a. 600 detik c. 2.800 detik

b. 640 detik d. 3.600 detik






5. 6 jam 40 menit = ……….. Menit

a. 360 menit c. 500 menit

b. 400 menit d. 21.640 menit






6. 600 menit + 120 menit = ….. Jam

a. 10 jam c. 12 jam

b. 11 jam d. 13 jam






7. 20 menit 25 detik = ….. Detik

a. 120 detik c. 1.200 detik

b. 145 detik d. 1.225 detik






8. 3 jam 10 menit 360 detik = ….. Menit = …… Detik

a. 196 menit atau 3600 detik c. 360 menit atau 7.012 detik

b. 196 menit atau 11.760 detik d. 360 menit atau 11.760 detik






9. 10.800 detik + 60 menit = ….. Jam

a. 3 jam c. 5 jam

b. 4 jam d. 6 jam






10. 11 minggu = ….. Hari

a. 60 hari c. 77 hari

b. 70 hari d. 80 hari






11. 2,5 abad = ….. Tahun

a. 2,5 tahun c. 250 tahun

b. 25 tahun d. 300 tahun






12. 450 hari = ….. Bulan

a. 10 bulan c. 14 bulan

b. 12 bulan d. 15 bulan






13. 3 lustrum = ….. Tahun = ….. Bulan

a. 15 tahun atau 180 bulan c. 24 tahun atau 250 bulan

b. 15 tahun atau 200 bulan d. 24 tahun atau 288 bulan






14. 14 tahun + 120 bulan = …. Windu

a. 2 windu c. 4 windu

b. 3 windu d. 5 windu






15. 5 bulan + 6 minggu = …. Hari

a. 150 hari c. 192 hari

b. 172 hari d. 255 hari






16. 1,5 tahun + 4 minggu + 49 hari = ….. Minggu

a. 85 minggu c. 90 minggu

b. 89 minggu d. 96 minggu






17. 4 abad + 10 tahun = …. Bulan

a. 4.920 bulan c. 4.950 bulan

b. 4.940 bulan d. 5.000 bulan






18. 4 minggu + 14 bulan + 25 hari = …… Hari

a. 470 hari c. 473 hari

b. 472 hari d. 475 hari






19. 10¼ tahun + 9 bulan = ….. Bulan

a. 125 bulan c. 130 bulan

b. 128 bulan d. 132 bulan






20. Pak Agus membaca koran dari pukul 06.10 sampai pukul 07.05. Berapa lama pak Agus membaca koran ?


a. 45 menit c. 55 menit

b. 50 menit d. 1 jam






21. Laras, Pipit & Via menanam bunga dari pukul 09.55 sampai pukul 11.25. Berapa lama mereka menanam bunga ?


a. 1 jam c. 1 jam 45 menit

b. 1 jam 30 menit d. 2 jam






22. Laras & Kanjeng Mami bermain ular tangga mulai dari pukul 15.20 dan selesai pukul 17.20. Berapa menit mereka bermain ular tangga ?


a. 60 menit c. 120 menit

b. 90 menit d. 2 jam






23. Pritha bermain boneka mulai umur 2 tahun. Setelah umur 6 tahun, Pritha tidak mau lagi bermain boneka. Berapa bulankah Pritha gemar bermain boneka ?



a. 48 bulan c. 62 bulan

b. 50 bulan d. 75 bulan






24. Via berangkat sekolah diantar ayahnya menggunakan motor. Jika Via berangkat pukul 07.05 dan sampai di sekolah pukul 07.45. Berapa lama perjalanan Via ke sekolah ?



a. 30 menit c. 45 menit

b. 40 menit d. 1 jam






25. Pak Parto dan Bu Ida mengajar di SDN Cikumpa, Depok selama 6 tahun 18 minggu. Berapa hari mereka mengajar di SDN Cikumpa, Depok ?


a. 2.250 hari c. 2.315 hari

b. 2.300 hari d. 2.316 hari






26. Sule membutuhkan waktu 4 jam 15 menit untuk membuat bedeng cabai dan 1 jam 10 menit untuk menebar bibit cabainya. Selama bekerja, Sule beristirahat dua kali masing-masing 5 menit dan 20 menit. Jika Sule mulai bekerja pukul 08.25, pada pukul berapa Sule berhasil menyelesaikan pekerjaannya ?




a. 12.15 c. 14.00

b. 13.30 d. 14.15






27. Jika sekarang pukul 21.15, maka 50 menit yang akan datang pukul :

a. 22.00 c. 22.10

b. 22.05 d. 23.15






28. Jika sekarang pukul 11.47, maka 57 menit yang lalu pukul :

a. 10.10 c. 10.55

b. 10.50 d. 12.44






29. 2¾ jam + 50 menit = … Detik

a. 625 detik c. 12.000 detik

b. 9.000 detik d. 12.900 detik






30. 4½ jam + 660 detik = … Menit

a. 280 menit c. 285 menit

b. 281 menit d. 290 menit






Selamat Mengerjakan !!!






Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 01]







MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V / 1
MATERI : WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN
SUB MATERI : MENULIS TANDA WAKTU DGN MENGGUNAKAN NOTASI 24 JAM




WAKTU : 15 MENIT






Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!






1. Pada penulisan waktu dengan notasi 24 jam, berlaku :

a. Tanda waktu dari pukul 1 malam sampai pukul 12 siang ditulis menggunakan angka 1 sampai 12



b. Tanda waktu dari pukul 1 siang sampai pukul 12 malam ditulis menggunakan angka 13 sampai 24



c. Pukul 4 pagi ditulis 04.00 dan pukul 4 sore ditulis 16.00

d. Jawaban a, b dan c benar






2. Ibu berangkat kerja pukul 07.15, maksudnya adalah :

a. Ibu berangkat kerja tepat jam tujuh pagi

b. Ibu berangkat kerja jam tujuh lebih lima belas menit pagi

c. Ibu berangkat kerja tepat jam tujuh malam

d. Ibu berangkat kerja jam tujuh lebih lima belas menit malam






3. Pukul sepuluh kurang sepuluh menit pagi, ditulis :

a. 09.50 c. 10.50

b. 10.10 d. 21.50






4. Pukul 13.45, dibaca :

a. Jam satu lebih empat puluh lima menit siang

b. Jam setengah dua siang

c. Jam dua kurang seperempat siang

d. Jawaban a dan c benar






5. Pukul dua belas malam, ditulis :

a. 12.00 c. 00.00

b. 24.00 d. Jawaban b dan c benar






6. Pukul 22.30, dibaca :

a. Jam setengah sebelas malam

b. Jam sepuluh lebih tiga puluh menit malam

c. Jam sepuluh malam

d. Jawaban a dan b benar






7. Pada pukul 23.00, jarum pendek pada jam dinding menunjuk pada angka :


a. 10 c. 12

b. 11 d. 23






8. Pada pukul empat lebih seper empat menit, jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka :


a. 3 c. 9

b. 6 d. 12






9. Pada pukul setengah delapam malam,  jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka :


a. 3 c. 8

b. 6 d. 9






10. Pada pukul lima kurang dua puluh menit,  jarum panjang pada jam dinding menunjuk pada angka :


a. 6 c. 8

b. 7 d. 9






Selamat Mengerjakan !!!






Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 03]






MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI :  BILANGAN BULAT
SUB MATERI :  MENAKSIR HASIL OPERASI HITUNG
WAKTU :  30 MENIT





Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!





1. Menaksir dalan operasi hitung berarti :

a. Meramalkan hasil suatu perhitungan

b. “Memperkirakan” hasil dalam satuan, puluhan atau ratusan terdekat

c. “Memperkirakan” kemungkinan yang akan terjadi

d. Merubah hasil hitungan yang sesungguhnya





2. Hasil taksiran dalam satuan terdekat dari  9,7 x 12,1 dan 19,5 + 10,4 berturut-turut adalah :


a. 120 dan 28 c. 117 dan 30

b. 108 dan 29 d. 120 dan 30





3. Hasil taksiran dalam satuan terdekat dari  13,46 x 16,12 dan 21,55 – 17,91 berturut-turut adalah :


a. 29 dan 3 c. 31 dan 4

b. 30 dan 4 d. 31 dan 5





4. Hasil taksiran dalam puluhan terdekat dari  216 – 94 dan 114 x 18 berturut-turut adalah :


a. 130 dan 2200 c. 120 dan 2200

b. 130 dan 2400 d. 110 dan 1100





5. Hasil taksiran dalam puluhan terdekat dari  985 + 26 dan 211 : 12 berturut-turut adalah :


a. 1010 dan 20 c. 1100 dan 22

b. 1020 dan 21 d. 1020 dan 20





6. Hasil taksiran dalam ratusan terdekat dari  390 – 105 dan 1180 : 142 berturut-turut adalah :


a. 200 dan 11 c. 300 dan 11

b. 200 dan 12 d. 300 dan 12





7. Hasil taksiran dalam ratusan terdekat dari  15.270 + 225 dan 115 x 285 berturut-turut adalah :


a. 15.000 dan 20.000 c. 15.400 dan 20.000

b. 15.500 dan 30.000 d. 15.495 dan dan 30.000





8. Sebuah menara “WISMA LARAS” terdiri dari 3 bagian dengan tinggi masing-masing bagian 65 meter, 56 meter dan 42 meter. Perkiraan tinggi menara berdasarkan taksiran rendah, taksiran tinggi dan taksiran terbaik berturut-turut adalah :



a. 150, 170 dan 170 c. 150, 180 dan 163

b. 160, 180 dan 170 d. 150, 180 dan 170





9. Sebuah gedung “PONDOK PIPIT” terdiri dari 100 lantai. Jika tinggi gedung tersebut adalah 456 meter, maka tinggi masing-masing lantai berdasarkan taksiran terbaik adalah :



a. 4 meter c. 4,6 meter

b. 4,5 meter d. 5 meter





10. Hasil  taksiran terbaik dari perkalian 432 x 96 adalah :

a. 43.000 c. 40.000

b. 4.300 d. 4.000










Selamat Mengerjakan !!!





Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 02]






MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI :  BILANGAN BULAT
SUB MATERI :  PEMBULATAN BILANGAN
WAKTU :  15 MENIT





Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!





1. Hasil pembulatan sampai satu tempat desimal bilangan 12, 34 — 28,29 — 9,783 dan 16,456 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 12,3 — 28,3 — 9,8 dan 16,5

b. 12,34 — 28,29 — 9,78 dan 16,46

c. 12,3 — 28,3 — 9,78 dan 16,46

d. 12,4 — 28,3 — 9,8 dan 16,5





2. Hasil pembulatan sampai dua tempat desimal bilangan 7,621 — 12,774 — 66,819 dan 100,865 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,86

b. 7,6 — 12,8 — 66,8 dan 100,9

c. 7,62 — 12,77 — 66,82 dan 100,87

d. 7,62 — 12,77 — 66,81 dan 100,86





3. Hasil pembulatan sampai satuan terdekat dari bilangan 12,27 — 21,9 — 30,49 dan 81,36 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 12 — 21 — 30 dan 81

b. 12,3 — 21,9 — 30,5 dan 81,4

c. 12,3 — 22 — 30,5 dan 81,4

d. 12 — 22 — 31 dan 81





4. Hasil pembulatan sampai ratusan terdekat dari bilangan 664 — 250 — 739 dan 877 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 600 — 200 — 700 dan 800

b. 700 — 300 — 700 dan 900

c. 700 — 200 — 700 dan 900

d. 700 — 300 — 800 dan 900





5. Hasil pembulatan sampai ribuan terdekat dari bilangan 2001 — 7500 — 6921 dan 4444 berturut-turut adalah sebagai berikut :


a. 2000 — 8000 — 7000 dan 4000

b. 2000 — 7000 — 6000 dan 4000

c. 2000 — 7000 — 7000 dan 4000

d. 2000 — 8000 — 7000 dan 5000










Selamat Mengerjakan !!!





Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 01]






MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI :  BILANGAN BULAT
SUB MATERI : OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
WAKTU :  50 MENIT





Pilihlah Jawaban a, b, c atau d yang paling benar !!





1. Bilangan 203.105 dibaca :

a. Dua nol tiga satu nol lima

b. Dua puluh tiga ribu lima belas

c. Dua ratus tiga ribu seratus lima

d. Dua ratus tiga ribu seratus lima puluh





2. “Tiga puluh tiga ribu enam ratus tujuh puluh lima”, jika ditulis dalam suatu bilangan adalah :


a. 336.705
c. 33.600

b. 303.675
d. 33.675





3. Bilangan bulat terdiri dari :

a. Bilangan negatif, 0 dan bilangan positif

b. Bilangan negatif dan bilangan positif

c. 0 dan bilangan positif

d. Bilangan negatif dan 0





4. Dalam suatu garis bilangan, semakin ke kiri maka nilai bilangan akan :


a. Semakin besar
c. Mendekati 0

b. Semakin kecil
d. Tidak pasti





5. Pernyataan berikut yang memenuhi “sifat komutatif (pertukaran)” dalam penjumlahan adalah :


a. 11 + 8 = 8 + 11
c. -24 + 5 = 5 + (-24)

b. -10 + (-2) = -2 + (-10) d. Jawaban a, b dan c benar





6. Jika sebuah bilangan dijumlahkan dengan 0 (nol), maka hasilnya adalah :


a. Bilangan bulat
c. Bilangan itu sendiri

b. Bilangan poitif
d. 0





7. Operasi pengurangan adalah :

a. Lawan dari penjumlahan

b. Lawan dari pembagian

c. Hasil operasi penjumlahan dengan 0

d. Hasil penjumlahan yang menghasilkan bilangan negatif





8. Operasi pengurangan 10 – 13 sama hasilnya dengan :

a. -10 + 13
c. 10 + (-13)

b. -10 – 13
d. 10 + 13





9. Dalam operasi perkalian berlaku ketentuan :

a. Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = POSITIF dan negatif x negatif = NEGATIF



b. Positif x positif = NEGATIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = NEGATIF



c. Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = POSITIF



d. Positif x positif = POSITIF, positif x negatif = NEGATIF dan negatif x negatif = NEGATIF







10. Pernyataan berikut yang memenuhi sifat komutatif (pertukaran) dalam perkalian adalah :


a. -3 x 7 = 7 x (-3)
c. -3 x 7 = 7 x 3

b. -3 x 7 = (-3) x (-7) d. -332 x 0 = 0





11. Setiap bilangan jika dikalikan dengan 0 (nol), hasilnya adalah :

a. Bilangan itu sendiri c. 1

b. 0
d. Bilangan negatif





12. Kebalikan dari operasi perkalian adalah :

a. Pengurangan
c. Pembagian

b. Penjumlahan
d. Jawaba a dan c benar





13. Dalam operasi pembagian berlaku :

a. Kebalikan dari operasi perkalian

b. Setiap bilangan tidak dapat dibagi dengan 0 (nol)

c. Bila suatu bilangan dibagi dengan 0, hasilnya ∞ (dibaca : “tidak terdefinisi”)



d. Jawaban a, b dan c benar





14. Hasil pembagian -100 : 20 adalah :

a. 5
c. 25

b. -5
d. 50





15. Hasil pembagian -625 : -5 adalah :

a. 25
c. 125

b. -125
d. Tidak terdefinisi





16. Hasil pembagian 170 : (-10) adalah :

a. 160
c. -17

b. -160
d. 17





17. Penjumlahan 117 + 213 akan lebih mudah dikerjakan bila dikelompokkan menjadi :


a. 117 + 13 + 200


b. 50 + 67 + 100 + 100 + 13

c. 117 + 200 + 3 + 20

d. 100 + 7 + 200 + 33





18. Sifat komutatif (pertukaran) dalam operasi hitung, berlaku untuk :

a. Penjumlahan dan pengurangan

b. Perkalian dan pembagian

c. Pengurangan dan pembagian

d. Penjumlahan dan perkalian





19. Sifat asosiatif (pengelompokan) dalam operasi hitung, berlaku untuk :


a. Perkalian dan pembagian

b. Penjumlahan dan pengurangan

c. Penjumlahan, pengurangan dan perkalian

d. Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian





20. 33 + 7 + 16 = (33 + 7) + 16, operasi tersebut sesuai dengan sifat :

a. Komutatif (pertukaran)

b. Asosiatif (Pengelompokan)

c. Distributif (penyebaran)

d. Jawaban a dan c benar





21. 44 x 2 = 2 x 44, operasi tersebut sesuai dengan sifat :

a. Komutatif (pertukaran)

b. Asosiatif (Pengelompokan)

c. Distributif (penyebaran)

d. Jawaban a dan c benar





22. 50 x 16 = 50 x (10 + 6), operasi tersebut sesuai dengan sifat :

a. Komutatif (pertukaran)

b. Asosiatif (Pengelompokan)

c. Distributif (penyebaran)

d. Jawaban a dan c benar





23. Jika menggunakan sifat distributif (penyebaran), -17 x 28 =

a. 28 x (-17)
c. -17 x 30 x (-2)

b. -17 x 20 x 8
d. -17 x (30 – 2)





24. Hasil penghitungan 9 x (10 – 3) adalah :

a. 63
c. -270

b. 87
d. 90





25. Pernyataan yang sesuai dengan operasi bilangan (110 + 4) x 25 adalah :


a. (110 x 25) + (4 x 25) c. 2850

b. 114 x 25
d. Jawaban a, b dan c benar










Selamat Mengerjakan !!!

Jawaban Soal Matematikanya










MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V / I
MATERI : WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN
SUB MATERI : MELAKUKAN OPERASI HITUNG SATUAN WAKTU




JUMLAH SOAL : 30 SOAL









Kunci Jawaban & Pembahasan :









1. b ==>
1 jam = 60 menit




4 jam




= 4 x 60 menit




= 240 menit









2. d ==>
1 menit = 60 detik




30 menit




= 30 x 60 menit




= 1.800 detik









3. d ==>
1 jam = 60 menit




1 menit = 60 detik




1 jam = 3.600 detik





2 jam







= 2 x 3.600 detik




= 7.200 detik









4. b ==>
1 menit = 60 detik




10 menit 40 detik




= (10 x 60 detik) + 40 detik




= 640 detik









5. b ==>
1 jam = 60 menit




6 jam 40 menit




= (6 x 60 menit) + 40 menit




= 400 menit









6. c ==>
1 jam = 60 menit




600 menit + 120 menit




= (600 :  60) jam + (120 : 60) jam




= 10 jam + 2 jam




= 12 jam









7. d ==>
1 menit = 60 detik




20 menit 25 detik




= (20 x 60 detik) + 25 detik




= 1.225 detik









8. b ==>
1 jam = 60 menit




1 menit = 60 detik




1 jam = 3.600 detik




3 jam + 10 menit + 360 detik




= (3 x 60) menit + 10 menit + (360 : 60) menit




= 180 menit + 10 menit + 6 menit




= 196 menit




Atau




= (3 x 3.600) detik + (10 x 60) detik + 360 detik




= 10.800 detik + 360 detik + 360 detik




= 11.760 detik









NB. Detik juga bisa dihitung langsung dari menitnya




196 menit




= 196 x 60 detik




= 11.760 detik









9. b ==>
1 jam = 60 menit




1 menit = 60 detik




1 jam = 3.600 detik




10.800 detik + 60 menit




= (10.800 : 3600) jam + (60 : 60) jam




= 3 jam + 1 jam




= 4 jam









10. c ==>
1 minggu = 7 hari




11 minggu




= 11 x 7 hari




= 77 hari





11. c ==>
1 abad = 100 tahun




2,5 abad




= 2,5 x 100 tahun




= 250 tahun





12. d ==>
1 bulan = 30 hari




450 hari




= 450 hari : 30




= 15 bulan





13. a ==>
1 lustrum = 5 tahun




3 lustrum




= 3 x 5 tahun




= 15 tahun




Atau




= 15 x 12 bulan




= 180 bulan





14. b ==>
1 tahun = 12 bulan




14 tahun + 120 bulan




= 14 tahun + (120 : 12) tahun




= 14 tahun + 10 tahun




= 24 tahun




1 windu = 8 tahun




24 tahun




= 24 tahun  : 8




= 3 windu





15. c ==>
1 minggu = 7 hari




1 bulan = 30 hari




5 bulan + 6 minggu




= (5 x 30) hari + (6 x 7) hari




= 150 hari + 42 hari




= 192 hari









16. b ==>
1 minggu = 7 hari




1 tahun = 52 minggu




1,5 tahun + 4 minggu + 49 hari




= (1,5 x 52) minggu + 4 minggu + (49 : 7) minggu




= 78 minggu + 4 minggu + 7 minggu




= 89 minggu









17. a ==>
1 tahun = 12 bulan




1 abad = 100 tahun = 1.200 bulan




4 abad + 10 tahun




= (4 x 1.200) bulan + (10 x 12) bulan




= 4.800 bulan + 120 bulan




= 4.920 bulan









18. c ==>
1 minggu = 7 hari




1 bulan = 30 hari




4 minggu + 14 bulan + 25 hari




= (4 x 7) hari + (14 x 30) hari + 25 hari




= 28 hari + 420 hari + 25 hari




= 473 hari









19. d ==>
1 tahun = 12 bulan




10¼ tahun + 9 bulan




= (10¼ x 12) bulan + 9 bulan




= 123 bulan + 9 bulan




= 132 bulan









20. c ==>
cukup jelas





21. b ==>
cukup jelas





22. c ==>
cukup jelas





23. a ==>
cukup jelas





24. b ==>
cukup jelas





25. d ==>
1 tahun = 365 hari




1 minggu = 7 hari




6 tahun 18 minggu




= (6 x 365) hari + (18 x 7) hari




= 2.190 hari + 126 hari




= 2.316 hari









26. d ==>
4 jam 15 menit + 1 jam 10 menit + 5 menit + 20 menit




= 4 jam + 1 jam + 15 mnt + 10 mnt + 5 mnt + 20 mnt




= 5 jam + 50 menit




Sule mulai bekerja pukul 08.25




08.25 + 5 jam 50 menit = 14.15









27. b ==>
cukup jelas









28. b ==>
cukup jelas









29. d ==>
1 menit = 60 detik




1 jam = 60 menit = 3.600 detik




2¾ jam + 50 menit




= (2¾ x 3.600) detik + (50 x 60) detik




= (11/4 x 3.600) detik + (50 x 60) detik




= 9.900 detik + 3.000 detik




= 12.900 detik









30. b ==>
1 menit = 60 detik




1 jam = 60 menit = 3.600 detik




4½ jam + 660 detik




= (4½  x 60) menit + (660 : 60) menit




= 270 menit + 11 menit




= 281 menit





** CATATAN :
1 menit = 60 detik




1 jam = 60 menit




1 jam = 3.600 detik









1 minggu = 7 hari




1 bulan = 30 hari




1 tahun = 12 bulan




1 tahun = 362 hari




1 tahun = 52 minggu




1 lustrum = 5 tahun




1 windu = 8 tahun




1 abad = 100 tahun










Ketentuan Penilaian :
1. Nilai = Jumlah jawaban benar : 3
2. Nilai tertinggi adalah 10


















Terimakasih atas kunjungan anda,
Teruslah belajar dan berlatih, dan
JADILAH YANG TERBAIK









Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. II : 01]

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : V / I
MATERI : WAKTU, SUDUT DAN KECEPATAN
SUB MATERI : MENULIS TANDA WAKTU DGN MENGGUNAKAN NOTASI 24 JAM




JUMLAH SOAL : 10 SOAL









Kunci Jawaban & Pembahasan :









1. d











2. d















3. a







4. d











5. d







6. d











7. b







8. a











9. b







10. c




















Ketentuan Penilaian :
1. Nilai = Jumlah jawaban benar x 10
2. Nilai tertinggi adalah 100


















Terimakasih atas kunjungan anda,
Teruslah belajar dan berlatih, dan
JADILAH YANG TERBAIK









Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 03]









MATA PELAJARAN
:  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI

:  BILANGAN BULAT
SUB MATERI

:  MENAKSIR HASIL OPERASI HITUNG
JUMLAH SOAL
:  10 Soal








Kunci Jawaban & Pembahasan :








1. b













2. d —-> Jika dibulatkan ke satuan terdekat :



-> 9,7 x 12,1 menjadi 10 x 12 = 120



-> 19,5 + 10,4 menjadi 20 + 10 = 30








3. b —-> Jika dibulatkan ke satuan terdekat :



-> 13,46 + 16,12 menjadi 14 x 16 = 30



-> 21,55 – 17,91 menjadi 22 – 18 = 4








4. a —-> Jika dibulatkan ke puluhan terdekat :



-> 216 – 94 menjadi 220 – 90 = 130



-> 114 x 18 menjadi 110 x 20 = 2200








5. b —-> Jika dibulatkan ke puluhan terdekat :



-> 985 + 26 menjadi 990 + 30 = 1020



-> 211 : 12 menjadi 210 : 10 = 21








6. d —-> Jika dibulatkan ke ratusan terdekat :



-> 390 – 105 menjadi 400 -100 = 300



-> 1180 : 142 menjadi 1200 : 100 = 12








7. b —-> Jika dibulatkan ke ratusan terdekat :



-> 15.270 + 225 menjadi 15.300 – 200 = 15.500



-> 115 x 285 menjadi 100 x 300 = 30.000








8. d —-> Hasil taksiran rendah :



65 + 56 + 42 menjadi 60 + 50 + 40 = 150 meter



Hasil taksiran tinggi :



65 + 56 + 42 menjadi 70 + 60 + 50 = 180 meter



Hasil taksiran terbaik :



65 + 56 + 42 menjadi 70 + 60 + 40 = 170 meter








9. c —-> Tinggi gedung “PONDOK PIPIT” = 456 meter



Jumlah lantai = 100



Tinggi tiap-tiap lantai berdasarkan taksiran terbaik :



= 456 : 100 menjadi 460 : 100 = 4,6 meter








10. c —-> Hasil taksiran terbaik dari 432 x 96 adalah :



430 x 100 = 43.000








Ketentuan Penilaian :
1. Nilai = Jumlah jawaban benar x 10
2. Nilai tertinggi adalah 100
















Terima kasih atas kunjungan anda,
Teruslah belajar dan berlatih, dan
JADILAH YANG TERBAIK








Jawaban Soal Matermatika SD Kelas 5 [Bag. I : 02]







MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :  V / 1
MATERI :  BILANGAN BULAT
SUB MATERI :  PEMBULATAN BILANGAN
JUMLAH SOAL :  5 Soal






Kunci Jawaban :






1. a



2. c



3. d



4. b



5. a









Ketentuan Penilaian :
1. Nilai = Jumlah jawaban benar x 2
2. Nilai tertinggi adalah 10






Catatan Kunci Jawaban :
1. PEMBULATAN adalah manaksir bilangan ke nilai terdekat
2. Dalam pembulatan, angka 5 atau lebih dibulatkan KE ATAS dan angka kurang dari 5 dibulatkan KE BAWAH

3. Pembulatan sampai satu tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada satu angka


Contoh :

-> 66,21 dibulatkan menjadi 66,2

-> 21,55 dibulatkan menjadi 21,6

-> 76,69 dibulatkan menjadi 76,7
4. Pembulatan sampai dua tempat desimal artinya jumlah bilangan dibelakang tanda , (koma) hanya ada dua angka


Contoh :

-> 45,212 dibulatkan menjadi 45,21

-> 90,575 dibulatkan menjadi 90,58

-> 6,6149 dibulatkan menjadi 6,62
5. Pembulatan sampai satuan terdekat artinya tidak ada tanda , (koma) di belakang bilangan (bilangan di belakang koma dibulatkan ke angka satuan / angka terakhir)



Contoh :

-> 12,9 dibulatkan menjadi 13

-> 100,22 dibulatkan menjadi 100

-> 7,55 dibulatkan menjadi 8
6. Pembulatan bilangan ke puluhan terdekat artinya bilangan puluhan (dua angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 61, 62, 63 dan 64 dibulatkan menjadi 60

-> 75, 76, 77, 78 dan 79 dibulatkan menjadi 80

-> 546, 547, 548 dan 549 dibulatkan menjadi 550
7. Pembulatan bilangan ke ratusan terdekat artinya bilangan ratusan (tiga angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 501, 529, 540 dibulatkan menjadi 500

-> 750 dibulatkan menjadi 800

-> 855, 876, 890 dibulatkan menjadi 900
8. Pembulatan bilangan ke ribuan terdekat artinya bilangan ribuan (empat angka paling belakang) dibulatkan


Contoh :

-> 8600, 8760, 8901 dibulatkan menjadi 9000

-> 2500 dibulatkan menjadi 3000

-> 1250, 1300, 1499 dibulatkan menjadi 1000












Terima kasih atas kunjungan anda,
Teruslah belajar dan berlatih, dan
JADILAH YANG TERBAIK






Jawaban Soal Matematika SD Kelas 5 [Bag. I : 01]







MATA PELAJARAN :  MATEMATIKA

KELAS / SEMESTER :  V / 1

SUB MATERI :  OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
MATERI :  BILANGAN BULAT

JUMLAH SOAL :  25 Soal







Kunci Jawaban :






1. c 11. b 21. a
2. d 12. c 22. c
3. a 13. d 23. d
4. b 14. b 24. a
5. d 15. c 25. d
6. c 16. c

7. a 17. a

8. c 18. d

9. c 19. d

10. a 20. b







Penilaian :



1. Nilai = Jumlah jawaban benar x 4
2. Nilai tertinggi adalah 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar