Cara Service Motor Starter
Dengan kinerja berat walau hanya sesaat saat start menghidupkan mesin serta besarnya arus yang di butuhkan tentunya motor starter juga memiliki time of service, yakni bagian2 yang mengalami keausan serta terbakarnya kumparan motor.
Cara service dan pengecekan kerusakan pada Motor Starter bisa kita lakukan dengan:
1. Cek Bostel Motor (Brush).
Bostel/arang sering habis/Retak/putus karena gesekan serta penghantar arus besar ke Kumparan rotor (Armatur)
2. Cek Kumparan Stator(Field Coil).
3. Cek Kumparan Rotor (Armatur).
4. Cek Switch Starter (Magnetic switch/Starter Bendix).
Motor Starter Berat
Sungguh jengkel punya mobil yang manja dan susah saat mau di starter,
alias berat banget untuk starter mesin, akan terasa banget saat kita
lagi keperluan mendesak serta butuh waktu cepat untuk menyelesaikan
tugas dan pekerjaan.
Sebenarnya beratnya putaran motor starter/dinamo starter di sebabkan oleh banyakhal antara lain:
1. Kondisi Aki. Aki yang sudah tua/ suak/rusak sering nyebabkan putaran
starter menjadi terasa berat banget, bagai kagak mau berputar dan
tersendat2 {Ganti Aki}
2. Nepel Aki. Nepel yang kendor juga sering menyebabkan putaran starter
menjadi berat, karena arus yang mengalis banyak yang berubah ke energi
panas pada nepel yang kendor.
3. Sistem Perkabelan. Sistem perkabelan tentunya berpengaruh penting
terhadap beratnya putaran motor starter, seperti klem kabel yang kendor,
kabel berkarat serta kecilnya kabel penghantar.
4. Motor Starter. Motor starter sendiri juga berpengaruh terhadap hasil
putaran yang pelan, karena konektor2 yang kendor, terbakar/putus bisa
juga kumparan yang mualai terbakar.
Penyebab Air radiator Mendidih atau Menyembur
Air radiator Mendidih atau Menyembur sering terjadi oleh beberapa
penyebab, walau secara simpel bisa di simpulkan bahwa air radiator
menyembur dalam arti memiliki tekanan melebihi 0.9-1.1 bar tutup
radiator disebabkan adanya tekanan masuk ke sistem pendingin dan
sirkulasi sistem pendingin yang buntu.
Penyebab Air radiator Mendidih atau Menyembur sering dikarenakan oleh:
1. Tutup radiator. Biasanya terjadi pada pegas tutup radiator yang sudah lemah atau karet tutup radiator yang sudah kaku/mati.
2. Radiator Buntu/Kotor. Banyaknya kotoran/kerak yang menyumbat sirkulasi pada radiator.
3. Termostat Macet. Termostat sistem pendingin yang macet mengakibatkan
aliran air radiator ke mesin tersumbat, sehingga menimbulkan tekanan
melebihi tekanan standar tutup radiator.
4. Kompresi mesin bocor. kebocoran kompresi mesin menambah tekanan dalam
sistem pendingin mesin yang tentunya mendorong air untuk menyembur
keluar melalui tabung recevoir.
Penyebab Air Radiator Sering Habis
radiator merupakan salah satu perangkat sistem pendingin mesin yang
tentunya berfungsi untuk mendinginkan air pendingin mesin agar mesin
tidak overheat.
Kejadian yang sering menjengkelkan pemilik kendaraan yakni air radiator
yang sering habis tanpa adanya kebocoran, karena tidak mengetahui
penyebab habisnya air pendingin serta lagi malas main ke bengkel ha ha .
Air radiator sering habis biasanya disebabkan oleh banyak faktor,
terutama usia mobil yang paling dominan, peyebab lainnya antara lain:
1. Tutup radiator. Pada Tutup radiator biasanya di sebabkan oleh karet
yang mati/tipis, pegas lembek sehingga air keluar ketabung recevoir
radiator.
2. Bocor Kecil/Retak/kropos. Aliran air radiator yang rembes karena
sambungan kurang rapat,lobang kecil atau ada keretakan sehingga aliran
air tak terlihat oleh mata, biasanya membekas warna kuningpada lokasi
yang bocor.
3. Air Radiator kotor/mengandung kerak air. Mengakibatkan tutup radiator kura
Tidak ada komentar:
Posting Komentar